SOLOPOS.COM - Ranu Asmoro, 39, membuka konsep dekorasi resepsi pernikahan adik Presiden Jokowi, Idayati, dengan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman, di Karanganyar, Jumat (20/5/2022). (Solopos-Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO – Dekorasi resepsi pernikahan adik Presiden Joko Widodo (Jokowi), Idayati, dengan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman, di Solo, Kamis (26/5/2022), bakal menggunakan konsep Jawa klasik. Hal itu disampaikan Ranu Asmoro, 39, yang ditunjuk sebagai dekorator untuk pernikahan keluarga Presiden di Graha Saba Buana.

“Konsep desain kemarin sempat sharing-sharing banyak dengan Bu Ida. Untuk konsep keseluruhan Javanese Classic, Jawa klasik. Cuma dari saya pribadi pengennya itu desain khusus Asmoro Decoration menjadi sebuah solusi terhadap permasalahan artistik,” kata dia ditemui di rumahnya di Kecamatan Colomadu, Karanganyar, Jumat (20/5/2022) siang.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menurut dia, banyak kalangan mengusung konsep kontemporer dalam penyelenggaraan resepsi pernikahan sekarang ini. Konsep yang dia tawarkan sebagai solusi harmoni kebudayaan daerah yang adiluhung yang disatukan dengan kekayaan budaya Nusantara yang penuh filosofi.

“Pelaminan dan sebagainya sesuai request dan ide kami. Konsepnya memang lebih ke rumah limasan. Jadi modelnya rumah limasan ada pergola atau gazebo, tumpang sari. Hampir mirip dengan dekorasi pernikahan Mas Gibran dan Mbak Kahiyang,” jelasnya.

Selain limasan, lanjut Ranu, konsepnya ada gunungan, janur, dan bunga. Gedung dibangun ambiens. Menurut dia, acara pernikahan siang ada cahaya natural yang mengganggu dekorasi. Dia menyiapkan dinding hitam supaya ambiensnya tampak menarik dengan pencahayaan.

Baca juga: Ketua MK Anwar Usman Nikahi Adik Jokowi: Undang 800 Tamu, Siapa Saja?

“Dari sisi dekorasinya tidak sulit. Yang paling riskan layout karena dari protokoler RI 1. Ada dengan akomodasi jumlah tamu, yang sangat terbatas kapasitasnya. Selain itu protokolernya juga diakomodasi,” kata dia.

Dia mengatakan ditunjuk sebagai dekorator sejak satu bulan terakhir. Pengerjaan dekorasi sampai sekitar 90 persen kemarin. Tenaga kerja mengerjakan dekorasi dengan cara lembur.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya