SOLOPOS.COM - Jajaran pengurus pusat Partai Gerindra saat menghadiri pembukaan Rapimnas Partai Gerindra di SICC, Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (12/8/2022). Rapimnas Partai Gerindra yang digelar dari tanggal 12-13 Augustus 2022 ini menjadi momentum deklarasi bagi Ketum Gerindra Prabowo Subianto maju sebagai calon presiden (capres) 2024. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/aww.

Solopos.com, BOGOR — Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan deklarasi koalisi antara Gerindra dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akan diadakan besok, Sabtu (13/8/2022).

Koalisi akan mengusung Prabowo sebagai capres sedangkan cawapres bisa dari PKB.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebagai informasi, Gerindra menggelar Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) pada 12-13 Agustus 2022.

Dasco menjelaskan, pada hari pertama rapimnas, akan ada deklarasi Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres) usungan Gerindra di Pemilu 2024.

Baca Juga: Gerindra Siap Berkoalisi dengan Siapapun Asal Capresnya Prabowo

Selanjutnya, pada hari kedua, akan ada deklarasi koalisi antara Gerindra-PKB.

“Insya Allah besok acara utama adalah acara deklarasi antara Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa untuk meneken piagam deklarasi kedua partai,” ujar Dasco kepada awak media di sela Rapimnas Gerinda, Jumat (12/8/2022).

Dia mengatakan, syarat berkoalisi dengan Gerindra harus setuju Prabowo Subianto jadi calon presiden (capres).

Baca Juga: Politik Identitas Tak Laku di Bali, Ini Alasannya

Sedangkan untuk calon wakil presiden (cawapres), menurut Dasco, akan ada perbicaraan dengan pihak PKB.

“Ya tentunya sebagai partai koalisi, PKB boleh mengusulkan nama untuk calon wakil presiden,” jelasnya.

Dasco menegaskan Gerindra terbuka berkoalisi dengan parpol lain, bukan hanya PKB. Bahkan, sudah ada parpol lain yang menghubungi dan menyatakan keinginannya berkoalisi dengan Gerindra.

Baca Juga: Pilpres 2024, Ganjar akan Kalah Jika Tak Diusung PDIP

Meski begitu, Dasco mengatakan Gerindra masih dalam tahap pembicaraan dengan parpol tersebut sehingga belum dapat mendeklarasikan koalisi secara bersamaan dengan PKB.

“Karena masih perlu waktu untuk melakukan pembicaraan-pembicaraan, kami putuskan bahwa nanti setelah deklarasi dengan PKB baru kemudian kami akan mengadakan komunikasi dengan partai tersebut,” ungkapnya.

Baca Juga: Nama Capres Hasil Musyawarah Rakyat akan Diserahkan ke Jokowi

Saat ditanya nama parpol yang dimaksud, Dasco belum mau mengungkapkannnya. Dia juga belum mau mengonfirmasi apakah parpol tersebut masuk parlemen atau non-parlemen.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Koalisi Gerindra-PKB: Capres dari Gerindra, Cawapres dari PKB

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya