SOLOPOS.COM - Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo bersilaturahmi di Gedung Agung, Istana Kepresidenan Yogyakarta, Senin (02/05/2022). (BPMI Setpres-Lukas.)

Solopos.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) dianggap banyak kalangan lebih condong kepada Ganjar Pranowo menuju Pilpres 2024.

Namun Jokowi membuat pengakuan mengejutkan dengan menyatakan mendukung Prabowo Subianto sebagai capres untuk kali ketiga.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Jokowi menegaskan, dirinya sangat mendukung Prabowo apabila akan kembali ikut dalam kontestasi demokrasi 5 tahun sekali itu.

“Sudah sejak awal kok restu-restu, sejak awal saya menyampaikan mendukung beliau,” tegasnya di Jakarta, Rabu (2/11/2022).

Baca Juga: Temui Presiden Jokowi, DPP PKB Berharap Harga BBM Diturunkan

Namun karena posisi Prabowo yang menjabat sebagai Menteri Pertahanan, dia mengimbau agar tidak mengenyampingkan kewajibannya.

Nantinya, Jokowi akan mengevaluasi menteri-menteri yang akan bertarung dalam kontestasi pemilihan presiden 2024 agar tidak mengganggu jalannya kabinet.

“Tugas sebagai menteri harus diutamakan, tetapi kalau kita lihat nanti mengganggu ya akan dievaluasi, apakah memang harus cuti panjang banget atau tidak,” ungkapnya.

Baca Juga: Mengaku Belajar kepada Jokowi, Prabowo: Wong Solo Ini Luar Biasa

Seperti diketahui, Partai Gerindra telah mendeklarasikan Prabowo sebagai bakal capres pada Pilpres 2024.

Untuk dapat mengusung Prabowo, Partai Gerindra telah membentuk koalisi dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Selain Prabowo, bakal capres lain yang sudah deklarasi adalah Anies Baswedan. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini diusung Partai Nasdem.

Baca Juga: Seandainya Saya Menjadi Ganjar Pranowo

Namun Anies dan Prabowo masih membutuhkan dukungan parpol lain untuk dapat memenuhi syarat sebagai capres, yakni memenuhi presidential threshold (PT) 20 persen.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Jokowi Akui Sejak Awal Dukung Prabowo Capres 2024”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya