SOLOPOS.COM - Para kakak-kakak pengurus Kwarcab Pramuka Sragen mengikuti Muscab XV Pramuka di Pendapa Rumdin Bupati Sragen, Kamis (2/12/2021). (Solopos.com/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGENKwarcab Pramuka Kabupaten Sragen menggelar musyawarah cabang (Muscab) XV di Pendapa Rumah Dinas Bupati Sragen, Kamis (2/12/2021). Dalam musyawarah itu dihadiri para Kwartir Ranting (Kwaran) dari 20 kecamatan dan pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) Sragen. Dalam forum tersebut hanya Kwaran dan Kwartir yang memiliki hak suara.

Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati sebagai Ketua Mejalis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Kwarcab Sragen, Ketua Kwarcab Sragen periode 2016-2021 Dedy Endriyatno, Wakil Bupati Sragen Suroto, Sekretaris Daerah Tatag Prabawanto, hadir dalam pembukaan muscab tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga: Anggota Pramuka Kwarcab Boyolali Dilatih Mitigasi Kebencanaan

Dalam Muscab tersebut beredar calon Ketua Kwarcab yang akan dipilih. Nama Dedy Endriyatno muncul kembali dalam bursa nama Ketua Kwarcab. Selain itu ada nama Suwardi, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sragen, juga disebut-sebut menjadi salah satu calon Ketua Kwarcab Sragen.

Perwakilan Kwarda Jateng Agung Suparwoto juga hadir mewakili Ketua Kwarda Pramuka Jateng. Pemilihan Ketua Kwarcab dilakukan secara musyawarah dengan 21 suara, yakni 20 Kwaran dan satu Kwarcab.

Ketua Panitia Muscab Kwarcab Pramuka Sragen, Suharto, menyampaikan muscab dilakukan untuk memenuhi mekanisme organisasi. Dia mengatakan peserta diikuti oleh pemilik suara sejumlah 21 utusan, yakni 20 Kwaran dan satu Kwarcab. Masing-masing mendelegasikan tiga orang sehingga jumlah peserta mencapai 63 orang.

Baca Juga: Pramuka Sragen Diminta Teladani Semangat Sumpah Pemuda

Dia menjelaskan rangkaian acara dalam muscab itu terdiri atas laporan pertanggungjawaban Ketua Kwarcab Sragen 2016-2021, pengesahan program kerja 2021-2026, pemilihan Ketua Kwarcab periode 2022-2026, pemilihan formatur, pengesahan hasil muscab serta pengesahan ketua terpilih.

Ketua Kwarcab Sragen Periode 2016-2021, Dedy Endriyatno, menyampaikan gerakan Pramuka ini mencetak dan membentuk karakter anak bangsa dan nantinya menggantikan para pemimpin. Dia menyampaikan banyak kegiatan yang sudah dilakukan Kwarcab Sragen selama lima tahun yang lalu. Dedy mencatat ada 226 kegiatan Pramuka selama lima tahun lalu.

Baca Juga: Kompak, Bawaslu Boyolali Gandeng Pramuka Awasi Pemilu

“Saya kaget ternyata banyak sekali kegiatan Pramuka di Sragen dan mencakup seluruh aspek kehidupan. Muscab ini tidak sekadar memilih ketua baru tetapi yang lebih penting mencurahkan pemikiran dan potensi yang dimiliki untuk merencanakan program-program Pramuka selama lima tahun ke depan. Muscab ini menjadi tangga pertama untuk mencapai keberhasilan lima tahun mendatang,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya