SOLOPOS.COM - SMAN 2 Solo yang saat ini berada di Kecamatan Banjarsari akan dipindah ke Kecamatan Pasar Kliwon (Akhmad Ludiyanto/Solopos)

Solopos.com, SOLO — Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VII Provinsi Jawa Tengah, Suratno, menyebut penyusunan detail engineering design (DED) Kampus II SMAN 2 Solo di Pasar Kliwon baru mencapai 50%.

Pembahasan DED bangunan sekolah di lahan Hak Pakai (HP) 00001 Kelurahan Mojo, Pasar Kliwon, seluas 3.000 meter persegi itu dianggarkan pada semester II 2022. Menurut Suratno, pembangunan SMAN di Pasar Kliwon sebenarnya merupakan wacana yang sudah lama.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Jadi kami belum bisa memberitahukan secara panjang lebar. Awalnya Pemkot Solo mengajukan lahan seluas 3.000 meter persegi untuk dijadikan SMA. Sedangkan standar ukuran untuk membangun SMA itu seluas 7.500 meter persegi. Jadi kami mengusulkan lahan yang tersedia tersebut untuk pembangunan Kampus II SMAN 2 Solo,” jelasnya saat dihubungi Solopos.com, Jumat (2/9/2022).

Mengenai pembahasan DED untuk Kampus II SMAN 2 Solo di Pasar Kliwon, menurut Suratno, sejauh ini baru membahas mengenai akses hingga fasilitas penunjang. “Kami masih melihat seperti apa fasilitas penunjang yang ada di sana termasuk aksesbilitasnya nanti seperti apa,” ucapnya.

Terkait wacana pemindahan SMAN 2 Solo ke lahan SDN Mojo, Pasar Kliwon, Suranto menyebut semuanya masih dalam pembahasan dan dalam waktu dekat baru bisa dijelaskan secara presisi tentang rencana untuk SMAN 2 Solo ke depannya.

Baca Juga: Pemprov Jateng Susun DED SMA Negeri di Pasar Kliwon, Muncul Wacana SMAN 9 Solo

“Semua masih dibahas termasuk adanya relokasi SMAN 2 Solo ke daerah Pasar Kliwon, karena pertimbangannya cukup banyak. Nanti apabila sudah selesai dibahas kami akan jelaskan kepada masyarakat soal SMAN 2 Solo seperti apa,” ujarnya.

Pertemuan dengan Gubernur

Diberitakan sebelumnya, adanya penyusunan DED untuk pembangunan Kampus II SMAN 2 Solo di Pasar Kliwon terungkap dari pertemuan antara anggota Komisi IV DPRD Solo dan eks Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo dengan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di Semarang, Rabu (31/8/2022) malam.

Opsi pembangunan SMA negeri di Pasar Kliwon tidak hanya kampus II SMAN 2 melainkan juga relokasi gedung SMAN 2 Solo yang saat ini berada di Jl Monginsidi ke Pasar Kliwon. Lahan yang dibikin adalah lahan yang saat ini ditempati SDN Mojo.

Baca Juga: Bahas SMAN Pasar Kliwon, Rudy Bareng Anggota DPRD Solo Temui Ganjar Pranowo

Luas lahan SD itu mencapai 1.000 meter persegi. Opsi lainnya yakni SMAN 2 Solo tetap di Jl Monginsidi sementara di lokasi SDN Mojo dibangun SMA negeri baru yakni SMAN 9 Solo.

“SDN Mojo bisa digunakan untuk lokasi SMAN 9 Solo atau SMAN 2 Solo yang dipindah dari Jl Monginsidi. Luas lahannya di atas satu hektare. Siswa SDN Mojo tidak terlalu banyak. Nanti SDN ini bisa dipindah,” kata Ketua Komisi IV DPRD Solo Janjang Sumaryono Aji.

Rencana pembangunan SMAN di Pasar Kliwon, Solo, sejatinya sudah muncul sejak 2020 lalu. Usulan pembangunan SMAN juga muncul saat musyawarah perencanaan pembangunan (musrembang) tingkat Kota di Solo. Rencana adanya pembangunan SMAN di Pasar Kliwon muncul karena calon siswa asal Pasar Kliwon yang kesulitan untuk masuk SMA Negeri di Solo. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya