SOLOPOS.COM - Ilustrasi kemacetan lalu lintas. (Reuters)

Solopos.com, GUNUNGKIDUL — Satlantas Polres Gunungkidul memetakan jalur rawan kecelakaan lalu lintas menjelang Lebaran 2022. Pemetaan dilakukan untuk antisipasi kecelakaan lalu lintas pada saat mudik hingga libur Lebaran.

Kasatlantas Polres Gunungkidul, AKP Martinus Griyavinto Sakti mengatakan, untuk jalur rawan kecelakan berada di ruas jalan Patuk-Gading, Wonosari-Semanu, Karangmojo-Semin, Gading-Paliyan. Sedangkan untuk jalur rawan macet saat libur Lebaran berada di ruas Patuk-Sambipitu serta jalur pantai khususnya dari Baron sampai Indrayanti.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Untuk pengamanan, kata dia, sejauh ini sudah disiapkan lima pos, meliputi Pospam Hargodumilah, Pospam Siyono, Pospam Pantai Baron, Pospam Pantai Indrayanti dan Pospam Terminal Dhaksinarga. Selain itu, juga ada pos pelayanan di Pasar Argosari dan Semin.

Sebagai antisipasi meminimalkan terjadinya kecelakaan lalu lintas, pihaknya memasang imbauan keselamatan berlalulintas di daerah rawan kecelakaan.

Baca Juga: Penimbun BBM Subsidi di Sleman Dibongkar, Begini Modusnya

Sementara itu, juga ada survei jalur gabungan yang melibatkan organisasi perangkat daerah (OPD) di jalur-jalur mudik maupun wisata.

“Koordinasi juga terkait dengan pemasangan rambu pengarah, rambu peringatan, rambu petunjuk untuk dilengkapi. Ada juga berkoordinasi dengan dinas lingkungan hidup terkait dengan penebangan pohon yang menghalangi jalan atau rawan roboh,” katanya.

Dia menambahkan, Satlantas juga menyiapkan dua unit tim urai kemacetan yang siapsiaga untuk mengurai di simpul-simpul kemacetan. “Tim urai kami gunakan sepeda motor sehingga aksesnya bisa lebih leluasa,” katanya.

Baca Juga: Kejam! ART asal Cilacap Dianiaya & Gaji Tak Dibayar Majikan di Sleman

JALUR RAWAN KECELAKAAN LALU LINTAS

  1. Ruas jalan Patuk-Gading.
  2. Ruas jalan Wonosari-Semanu.
  3. Ruas jalan Karangmojo-Semin.
  4. Gading-Paliyan.

JALUR RAWAN MACET LIBURAN LEBARAN

  1. Ruas jalan Patuk-Sambipitu.
  2. Sepanjang jalur pantai, khususnya dari Baron sampai Indrayanti.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Catat, Ini Dia Jalur Rawan Laka dan Macet di Gunungkidul selama Liburan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya