SOLOPOS.COM - Sapi jenis peranakan ongole ini jadi kurban Presiden Jokowi . (istimewa)

Solopos.com, SOLO — Dua ekor sapi kurban dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk Masjid Agung Solo dan Masjid Al Wustho Solo kemungkinan baru disembelih pada Rabu (21/7/2021).

Sebab berdasarkan informasi dari Sekretariat Negara (Setneg), dua sapi berjenis limosin dan peranakan ongole (PO) itu baru diserahkan kepada dua takmir masjid tersebut pada Selasa (20/7/2021) sore.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Dua sapi kurban dari Pak Presiden akan diserahkan langsung ke masjid besok [Selasa] sore. Untuk penyembelihannya kemungkinan esok harinya, Rabu pagi,” terang Kabag Kesra Setda Solo, Danang Sulindriyanto, kepada solopos.com via Whatsapp, Senin (19/7/2021).

Baca Juga: Presiden Jokowi Kembali Berkurban 2 Sapi di Solo, Ini Penampakannya

Ihwal waktu penyembelihan sapi kurban Presiden Jokowi pada Rabu pagi diperkuat penjelasan dari Sekretaris Takmir Masjid Agung Solo, Abdul Basid. Pihaknya memang sudah bersepakat kegiatan penyembelihan hewan kurban dilakukan hari Rabu.

“Kemarin pertimbangan kami PPKM Darurat sampai 20 Juli 2021. Jadi kami putuskan untuk menyembelih hewan kurban pada hari Rabunya. Tapi ternyata PPKM Darurat diperpanjang. Ya sudah kami tetap hari Rabu [penyembelihan kurban],” urai dia.

Hingga Senin siang tercatat ada lima ekor sapi yang akan disembelih panitia Idul Adha Masjid Agung Solo. Jumlah itu belum termasuk hewan kurban dari Presiden Jokowi.

Di sisi lain jumlah hewan kurban di Masjid Agung Solo tahun ini menurun dibandingkan tahun lalu. Sebab hingga Senin siang jumlah hewan kurban yang sudah terdaftar sebanyak lima ekor sapi. Padahal pada Idul Adha tahun lalu mencapai delapan ekor sapi.

Jumlah itu sudah termasuk sapi kurban dari Presiden. Tapi Basid tidak tahu penyebab turunnya jumlah hewan kurban pada tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya