SOLOPOS.COM - Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, menebar bibit lele di Desa Giriroto, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, Sabtu (19/12/2020). (Solopos/Bayu Jatmiko Adi)

Solopos.com, BOYOLALI -- Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, kembali mengunjungi Desa Giriroto, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, Sabtu (19/12/2020). Kepada masyarakat dia mengimbau agar memanfaatkan pekarangan sebagai kebun rumah tangga.

Dia bersama rombongan tiba di Giriroto sekitar pukul 13.50 WIB. Setelah turun dari mobil dia langsung meninjau bioflok yang merupakan bantuan dari Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Syahrul yang saat ini juga menjabat sementara Menteri Kelautan dan Perikanan, menebar bibit lele di bioflok tersebut. Selanjutnya dia berpindah ke lokasi lain di desa itu untuk bertemu dengan warga.

Ingin UMKM Dipedulikan, Muhammadiyah Kaji Tarik Dana di Bank Syariah Indonesia

Dalam sambutannya, Syahrul selalu berpesan agar pertanian terus dikembangkan. Masyarakat di desa diharapkan bisa memanfaatkan pekarangannya sebagai kebun keluarga. dia berharap di pekarangan pekarangan warga itu bisa ditanam berbagai jenis tanaman mulai dari sayur buah dan tanaman lain yang bermanfaat.

"Selain pertanian kami berharap ikan lele atau budidaya ikan tawar harus menjadi pilihan. Hari ini itu yang menjadi kekuatan. Agar besok kita tidak hanya mengandalkan komoditas. Bukan hanya padi, jagung dan kacang. Di rumah-rumah kami berharap tanaman pekarangan bisa memperkuat kebutuhan yang bisa menunjang. Itu yang kami dorong saat ini," kata dia kepada wartawan, Sabtu.

Bahkan Menteri Pertanian menyebut, ke depan Kecamatan Ngemplak Boyolali akan menjadi percontohan dalam mempersiapkan kebun rakyat dari rumah tangga.

Koordinasi

Di sisi lain, Syahrul mengatakan melalui koordinasi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah serta kelompok tani, kebutuhan pangan tetap terpenuhi meski di tengah masa pandemi Covid-19.

"Kami yakin, sesuai perintah Presiden, pertanian harus menjadi pilar kekuatan bangsa di dalam menghadapi tantangan-tantangan di masa pandemi ini terutama di bidang ekonomi, yang secara dunia melemah," kata dia.

Mengenai kondisi pertanian hingga akhir tahun ini, Syahrul menyebut masih baik-baik saja. Dia juga menegaskan ketersediaan pangan di akhir tahun dengan adanya momentum Natal dan Tahun Baru, juga tidak terganggu.

Menggemaskan! Ini Lucunya Primata Terkecil di Dunia Asli Sulawesi

Kepala Desa Giriroto, Purwanto, mengatajan kedatangan Syahrul Yasin Limpo hari itu merupakan kunjungan keduanya di Giriroto. Belum lama ini, tepatnya Kamis (15/10/2020), Syahrul juga datang di desa itu dan meninjau Embung Giriroto.

"Kedatangan menteri juga menyerahkan bantuan bibit tanaman. Memang sesuai arahan saat kunjungan dua bulan lalu, agar setiap rumah ada tanaman keras yang bisa membantu masyarakat mendapatkan tambahan," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya