SOLOPOS.COM - Petugas Bea Cukai Surakarta mengeluarkan 200 tabung oksigen bantuan Shopee Singapura untuk Dinas Kesehatan Kota Solo, Senin (19/7/2021). (Istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR – Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo kembali menerima bantuan sebanyak 200 tabung oksigen dari Shopee Singapura. Bea Cukai Surakarta memfasilitasi penanganan barang hibah tersebut pada Sabtu (24/7/2021).

Bea Cukai Surakarta juga berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan berbagai instansi terkait pengeluaran barang hibah berupa tabung oksigen tersebut agar bisa segera dimanfaatkan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Bantuan 200 tabung oksigen dari Shopee Singapura untuk DKK Solo tiba di Bandara Internasional Adi Soemarmo pada pukul 15.30 WIB. Proses bongkat muat tabung oksigen disaksikan langsung oleh pihak Bea Cukai Surakarta, DKK Solo, Angkasa Pura Logistic, dan Satgas Covid-19 dari TNI AU.

“Penting bagi kami untuk mendapatkan informasi lebih awal rencana kedatangan barang. Agar kami segera melakukan koordinasi dan asistensi persiapannya. Sehingga pada saat kedatangan barang, pengeluaran dapat dilakukan secepatnya” jelas Kepala Kantor Bea Cukai Surakarta, Budi Santoso dalam rilis yang diterima Solopos.com, Sabtu (24/7).

Baca juga: PMI Jateng Bantu 8 Ton Oksigen untuk 3 Rumah Sakit di Solo

Menurut Budi Santoso, importasi tabung oksigen ini diterapkan skema layanan cepat “Rush Handling”. Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 74/PMK.04/2021 yang memberikan fasilitas Pembebasan Bea Masuk (BM). Serta pembebasan pungutan Pajak Dalam Rangka Impor (PDRI) sebagaimana yang tercantum dalam PMK Nomor 92/PMK.04/2021.

“Itu semua wujud dari komitmen kami untuk membantu masyarakat. Dalam upaya menanggulangi wabah Covid-19 secepatnya,” tambah Budi.

Baca juga: Oksigen Bantuan dari Shopee Didistribusikan ke 16 RS di Solo

Tabung Oksigen Untuk DKK Solo

Setelah dilakukan penelitian kesesuaian dokumen dengan hasil pemeriksaan fisik kemasan, tabung oksigen ini selanjutnya langsung diberangkatkan ke Balai Kota Solo. Untuk segera didistibusikan ke pihak rumah sakit yang membutuhkan.

”Kedatangan tabung oksigen ini berkat kerja sama dari Bea Cukai Surakarta yang telah membantu proses kedatangan hingga keluar dari bandara menuju DKK Solo. Untuk itu kami ucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas dedikasi dan kerja samanya. Karena melancarkan pengiriman tabung oksigen dan sekaligus menyelamatkan masyarakat yang terpapar Covid-19,” kata Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa.

Baca juga: 3 Dosen Meninggal Dunia, UNS Solo Kehilangan Akademisi Terbaik

Sementara itu, Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Surakarta, Aries Baroto mengatakan selama pandemi Covid-19, Bea Cukai Surakarta telah berperan aktif untuk membantu pemerintah daerah dan masyarakat Solo dan sekitarnya.

Bea Cukai Surakarta sebelumnya telah memberikan fasilitas berupa, pembebasan pungutan cukai atas 36.000 liter etil alcohol pada Maret – Juni 2020. Kemudian fasilitas berupa perijinan produksi masker dan APD kepada 23 perusahaan tekstil/garment (kawasan berikat) di wilayah Soloraya, April 2020. Lalu Juli 2021, fasilitas hibah tabung oksigen.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya