SOLOPOS.COM - Suasana kantor KUA Mlati, tempat ibu dari Erina Gudono mengumpulkan berkas, Senin (21/11/2022) - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Solopos.com, SLEMAN — Akad nikah putra Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono bakal digelar di wilayah Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Rencananya, pernikahan tersebut akan berlangsung pada 10 Desember 2022.

Untuk penghulu pernikahan anak Presiden itu yakni dari petugas Kantor Urusan Agama (KUA) Depok.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kabar ini dibenarkan Kepala KUA Mlati, Sigit Purnomo. KTP Erina beralamat di Kapanewon Mlati, maka Erina memasukkan berkas persyarataan ke KUA Mlati. Selanjutanya berkas itu akan dilanjutkan ke KUA Depok, mengikuti lokasi digelarnya akad nikah.

Menurut Sigit, berkas persyaratan pernikahan dibawakan ke KUA Mlati oleh ibu Erina pada Rabu (16/11/2022).

“Ibu calonnya mas Kaesang sudah kesini membawa surat dari Kalurahan Sinduadi dan berkas dari mas Kaesang,” ujarnya, Senin (21/11/2022).

Baca Juga: Tanah Longsor Terjang Bantul, 1 Rumah Roboh & Jalan Kampung Tertutup

Surat yang dikumpulkan, kata dia, sudah lengkap dengan melampirkan fotokopi KTP, KK, Akta Kelahiran yang akan digunakan untuk pembuatan buku nikah.

“Sementara informasi dari staf kami, pelaksanaan 10 Desember jam 15.00 WIB, di Ambarrukmo,” ujarnya.

Baik Royal Ambarrukmo maupun Grha Sabha Pramana UGM yang dikabarkan menjadi opsi venue pernikahan, semuanya berada di Kapanewon Depok. Maka dari KUA Mlati membuatkan surat pengantar numpang nikah di Kapanewon Depok.

“Karena di Ambarrukmo berarti masuk wilayah Depok, untuk itu KUA Depok yang bertugas untuk pelaksanaan dan buku nikah dari sana. Petugasnya juga dari sana,” ungkapnya.

Baca Juga: Pembebasan Lahan Tol Jogja-YIA, Ditemukan Tujuh Bidang Lahan Tak Bertuan

Kepala KUA Depok, Muhammad Wiyono, membenarkan surat pengantar dari KUA Mlati sudah masuk pada Jumat (18/11/2022) sore. Meski demikian, sampai saat ini dari kedua pihak mempelai belum datang langsung untuk mengecek kelengkapan.

“Sementara berkas baru masuk tapi perlu konfirmasi yang bersangkutan. Belum sampai ke KUA. Baru berkas numpang nikah. Kami masih konfirmasi. Intinya berkas sudah saya terima di KUA Depok. Dengan data-data kan perlu dikonfirmasi yang bersangkutan, termasuk mas kawin belum,” katanya.

Untuk keperluan tersebut, kedua calon pengantin beserta wali harus datang langsung ke KUA.

“Datang langsung terkait identitas jejaka to, kalau ada kekeliruan malah repot. Manten, wali, harus datang ke KUA,” ujarnya.

Baca Juga: Rekonstruksi Kasus Mahasiswa UNS Bunuh Wanita di Pantai Kukup Digelar Senin

Sedangkan dari pihak venue pernikahan sampai saat ini belum mendapat kepastian. GM Royal Ambarrukmo, Herman Courbois, mengaku belum mendapat kepastian penggunaan Royal Ambarrukmo untuk venue pernikahan Kaesang-Erina.

“Sampai saat ini belum ada kepastian. Saya juga lagi nunggu. Kemarin mereka ada rapat, tapi lebih bahas ke Solo. Tapi itu saya harap ada kabar juga untuk kita, tapi belum ada. Kita masih harus nunggu,” ungkapnya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Berkas Pernikahan Erina-Kaesang Sudah di KUA Mlati Sleman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya