SOLOPOS.COM - Mahasiswa dari berbagai universitas di Soloraya membawa spanduk dan poster saat mengikuti longmarch dari Manahan menuju kantor DPRD Kota Solo melintasi Jl. Adisucipto, Solo, Selasa (24/9/2019). (Nicolaus Irawan/Solopos)

Solopos.com, SOLO – Mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Soloraya mengikuti aksi longmarch dari Manahan menuju kantor DPRD Kota Solo melintasi Jl. Adisucipto, Solo, Selasa (24/9/2019). Aksi ini menjadi puncak dari tuntutan kepada pemerintah dan DPR agar menunda pengesahan RKUHP, penyelesaian masalah kebakaran hutan hingga protes pelemahan UU KPK.

Selain itu, pantauan Solopos.com, Selasa pagi WIB, massa membentangkan spanduk dan tulisan-tulisan membawa tuntutan lain seperti soal penyelesaian sengketa Papua.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pantauan wartawan Solopos.com, Kurniawan, massa demo longmarch dari Manahan juga tiba di depan gedung DPRD Solo. Massa ini bergabung dengan ratusan pendemo lain yang sudah menunggu.

Arus lalu lintas Jl. Adi Sucipto ditutup lantaran masa longmarch menutup kedua jalur jalan. Polisi memasang kawat berduri di depan gerbang masuk kompleks DPRD untuk mengantisipasi terjadinya bentrok.

Sehari sebelumnya beredar poster ajakan kuliah di jalanan dan menggelar aksi dari Stadion Manahan ke Kantor DPRD Kota Solo, Selasa (24/9/2019). Poster itu sengaja disebar untuk mengajak mahasiswa beraksi menentang RKUHP dan UU KPK.

Rencana aksi tersebut dibenarkan salah satu penggagas aksi dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo sekaligus Ketua Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Muhammad Iqbal UNS Solo, Syeh Adni. Dia menjelaskan aksi tersebut murni inisiatif mahasiswa tanpa campur tangan pihak mana pun.

“Benar akan ada aksi dari mahasiswa besok [Selasa 24 September 2019]. Aksi ini murni dari mahasiswa tanpa infiltrasi dari pihak manapun,” katanya saat dihubungi Solopos.com lewat pesan singkat.

Sementara dikutip dari Detik, kelompok yang menamakan diri Aliansi Mahasiswa Indonesia menggelar demonstrasi menolak diberlakukannya Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) dan Undang-Undang Komisi Pemberantasan Korupsi (UU KPK) di Istana Negara dan Gedung MPR/DPR, Jakarta, Senin-Selasa (23-24/9/2019). Mereka berasal dari berbagai wilayah di Indonesia, mulai dari Bandung, Bogor, Jakarta, Jogja, Semarang, Solo, hingga Lampung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya