SOLOPOS.COM - Kasus Covid-19 di RI melonjak tajam. (Ilustrasi/Freepik)

Solopos.com, SOLO—Pemerintah Kota (Pemkot) Solo tengah melakukan sinkronisasi data kasus Covid-19 menyusul ditemukannya perbedaan data dengan pemerintah provinsi (Pemprov) Jawa Tengah dan pemerintah pusat.

Kondisi ini membuat Kota Solo pada pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) masuk level 4. Dalam hal ini, Pemkot fokus pencocokan data pada aplikasi New All Record (NAR) milik Kementerian Kesehatan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Siti Wahyuningsih, mengatakan pihaknya terus melakukan sinkronisasi data kasus Covid-19. Menurutnya, ada dua tahap yang dilakukan, yakni mencocokkan data yang tidak sesuai (missing data) secara manual dan bagaimana ke depan data yang dimasukkan sama.

“Kami kumpulkan semua fasilitas kesehatan [faskes] terkait ketertiban notifikasi. Faskes kan banyak mungkin tidak sempat memasukkan [input] data. Setelah mereka longgar baru input sehingga terjadi penumpukan data yang tinggi. Ini kalau tidak dimasukkan klaim tidak bisa cair,” ujar dia, kepada wartawan di Balai Kota, Senin (16/8/2021).

Baca Juga: Rutan Solo Disulap Jadi Pabrik Garmen, Begini Tanggapan Menteri Yasonna Laoly

Bu Ning mencontohkan rumah sakit Bung Karno (RS BK) merawat 40 pasien Covid-19, data pasien tersebut mesti di-input. Jika data pasien tersebut tidak ada pada aplikasi New All Record (NAR) pada alamat https://allrecord-tc19.kemkes.go.id/, maka tidak akan tercatat dan tidak terklaim.

Dalam hal ini, DKK bakal memaksimalkanketertiban setiap faskes yang menangani pasien Covid-19 dalam memasukan data harian melalui aplikasi NARmaupun data yang masuk ke Pemkot Solo.Menurutnya, banyak faktor yang memengaruhi perbedaan data kasus tersebut. Misalnya, saat ada lonjakan kasus Covid-19 tinggi faskes fokus pada penanganan sehingga mereka baru bisa memasukkan data ketika melandai.

Jadi, hal yang pernah terjadi adalah kasus Covid-19 di Solo tinggi sebanyak 500 kasus lebih, namun angka pada NAR justru rendah di bawah 300 kasus. Saat ini justru berkebalikanlantaran kasus rendah, tapi angka pada NAR malah tinggi. Hal ini karena input data yang semestinya dilakukan faskes beberapa waktu lalu baru dikerjakan. Padahal semestinya data kasus mesti dimasukkan segera agar tidak terjadi missing data.

“Saya enggak berani kalau tidak dimasukkan nanti jika terjadi apa-apa bagaimana. Sekarang apa-apa pakai scan barcode. Jika data tidak dimasukkan nanti tidak terdeteksi pada aplikasi Peduli Lindungi. Aplikasi ini merekam riwayat kasus Covid-19, tes PCR, hingga vaksinasi,” papar dia.

Baca Juga: Inilah Profil Bhre Cakrahutomo, Putra Tunggal Permaisuri KGPAA Mangkunagoro IX Ternyata Lulusan UI Berprestasi

Bantuan Oksigen

Selain itu pihaknya juga memastikan data-data lain dari rumah sakit di luar Solo justru masuk ke DKK Solo. Misalnya, data Covid-19 di RS Indriati Solo Baru, Sukoharjo dan dr Oen Solo Baru, Sukoharjo, masuk data DKK Solo. DKK pun meminta bantuan sekretaris daerah melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) untuk pencocokan data kasus Covid-19.

Dari pantauan Solopos.com pada situs resmi Pemkot Solo (surakarta.go.id) dan Pemprov Jateng (corona.jatengprov.go.id) terkait data kasus Covid-19 ada perbedaan yang signifikan. Data kasus Covid-19 di Solo dari Pemkot Solo per 16 Agustus 2021 sebanyak 24.994 kasus terkonfirmasi, dengan penambahan sebanyak 76 kasus baru.

Sedangkan data pada Pemprov kasus terkonfirmasi Covid-19 sebanyak 15.323 kasus per 16 Agustus 2021. Dengan demikian, masih ada selisih data sebanyak 9.671 kasus konfirmasi Covid-19 di Solo.

Baca Juga: Menko Airlangga: 2022 Target Pertumbuhan Ekonomi 5,5 Persen, Serap 500.000 Naker

Sebelumnya, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, menyerahkan bantuan oksigen konsentrator ke Pemerintah Kabupaten Sukoharjo dan Karanganyar. Bantuan diterima langsung oleh Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, dan Bupati Karanganyar, Juliyatmono.

Oksigen konsentrator tersebut merupakan sumbangan dari pihak ketiga untuk Pemkot Solo yang kemudian dibagian pada rumah sakit rujukan Covid-19 di Soloraya. Salah satunya dari holding company Shopee, SEA.

“Sekarang yang terpenting adalah sinergi Soloraya. Tadi saya ke Karanganyar dan Sukoharjo. Besok saya bagi tugas dengan Pak Teguh [Wawali], Rabu beliau ke Wonogiri, saya ke Klaten dan Sragen, untuk menyerahkan bantuan konsentrator. Ke depan harapannya angka kematian di Soloraya bisa turun,” jelas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya