SOLOPOS.COM - Ghana vs Uruguay

Solopos.com, JAKARTA—Berikut data dan fakta Ghana vs Uruguay pada laga terakhir Grup H Piala Dunia 2022 di Al Janoub Stadium Al Wakrah, Jumat (2/12/2022) pukul 22.00 WIB.

Ghana, Uruguay dan Korea Selatan (Korsel) akan berebut satu kuota tersisa ke 16 besar setelah Portugal telah memastikan lolos. Portugal berada di puncak klasemen dengan poin 6. Ghana menempati posisi kedua dengan poin 3 sedangkan Korsel dan Uruguay berada di peringkat tiga dan empat dengan poin 1.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ghana bertekad meneruskan tren positif saat mengalahkan Korsel 3-2 pada laga kedua. Ghana lolos ke babak 16 besar jika menang lawan Uruguay. Jika Ghana imbang lawan Uruguay, mereka tetap lolos 16 besar dengan catatan Korsel gagal menang.

Baca Juga: Data dan Fakta Menarik Jelang Korsel vs Portugal

Ghana pernah sekali bertemu Uruguay. Satu-satunya pertemuan mereka sebelum ini terjadi pada perempat final Piala Dunia 2010 ketika bomber Uruguay Luis Suarez diusir keluar lapangan karena sengaja menyentuh bola dengan tangan.

Tetapi Ghana tidak memanfaatkan penalti itu dan sebaliknya malah tersingkir karena kalah adu penalti.

Berbeda dengan Ghana, Uruguay dituntut memenangkan laga ini jika tidak ingin angkat koper lebih awal. Namun Uruguay harus memoles performa mereka setelah tampil buruk yang membuat mereka ditahan imbang tanpa gol oleh Korsel dan dikalahkan Portugal 0-2.

Baca Juga: Skenario Grup H Lolos 16 Besar Piala Dunia 2022: Korsel Susul Jepang?

 

Berikut data dan fakta Ghana vs Uruguay:

1-Satu-satunya pertemuan mereka sebelum ini terjadi pada perempat final Piala Dunia 2010 ketika pemain Uruguay Luis Suarez diusir keluar lapangan karena sengaja menyentuh bola dengan tangan. Tetapi Ghana memanfaatkan penalti itu dan sebaliknya malah tersingkir karena kalah adu penalti.

2-Ghana tidak pernah clean sheet dalam sembilan pertandingan terakhirnya dalam turnamen Piala Dunia yang mereka ikuti.

3-Uruguay tidak terkalahkan tim-tim Eropa dalam lima pertandingan penyisihan grup Piala Dunia FIFA sebelum dikalahkan oleh Portugal.

Baca Juga: Skenario Grup G Lolos 16 Besar Piala Dunia 2022: Mencari Pendamping Brasil

4-Dua pertandingan fase grup Ghana menghasilkan total 10 gol yang terdiri dari lima gol sendiri dan lima gol karena kebobolan.

5-Mereka dua kali bertanding dalam drama lima gol ketika kalah 2-3 dari Portugal, namun berbalik menang 3-2 saat mengalahkan Korea Selatan 3-2.

6-Uruguay yang belum satu kali pun mencetak gol dalam putaran final Piala Dunia edisi ini hanya satu kali gagal mencapai fase gugur dari total enam penampilan terakhirnya dalam Piala Dunia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya