SOLOPOS.COM - Brasil vs Korea Selatan

Solopos.com, SOLO—Berikut data dan fakta Brasil vs Korea Selatan (Korsel) pada babak 16 besar Piala Dunia 2022 di Stadium 974 Doha, Selasa (6/12/2022) pukul 02.00 WIB.

Brasil lolos sebagai juara Grup G dengan dua menang dan sekali kalah. Sedangkan Korsel yang merupakan runner-up Grup H berbekal sekali menang dan sekali seri.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Brasil dan Korsel sudah bertemu tujuh kali yang seluruhnya adalah laga persahabatan. Dari tujuh pertemuan itu Brasil menang enam kali dan sisanya dimenangkan Korsel. Dari tujuh laga itu Brasil mencetak 16 gol sedangkan Korsel 5 gol.

Baca Juga: Skenario 16 Besar Jepang vs Kroasia: Serangan Balik Masih Jadi Andalan Jepang

Korsel menghadapi laga ini dengan semangat tinggi setelah secara dramatis mengalahkan Portugal 2-1 untuk meraih tiket 16 besar. Sebelum itu Korsel hanya menang satu kali dari 11 pertandingan Piala Dunia terakhirnya.

Sementara Brasil yang sudah memastikan lolos 16 besar kalah 0-1 dalam laga terakhir grup melawan Kamerun.

Brasil yang kini menempati ranking satu dunia, selalu tampil pada putaran final Piala Dunia sejak 1930 tetapi belum pernah mencapai laga final sejak menjadi juara pada 2002.

Baca Juga: Data dan Fakta Menarik Jepang vs Kroasia: Menanti Kejutan Ketiga Samurai Biru

 

Berikut data dan fakta Brasil vs Korsel:

1-Sebelum pertandingan di Stadium 974 ini, kedua tim sudah tujuh kali bertemu, namun tak pernah terjadi dalam Piala Dunia. Brasil menang enam kali dan Korea Selatan memang sekali dalam pertandingan persahabatan 1999. Dalam pertandingan persahabatan Juni tahun ini di Seoul, Brasil menang besar 5-1.

2-Brasil maju ke babak knockout setelah mengalahkan Serbia dan Swiss dalam fase grup tetapi tumbang 0-1 di tangan Kamerun setelah tim Amerika Selatan itu sudah memastikan lolos ke babak berikutnya sehingga mengistirahatkan sebagian besar starter regulernya.

3-Korea Selatan membuat pembalikan dramatis saat menang 2-1 atas Portugal berkat gol menit tambahan yang dilesakkan Hwang Hee-chan untuk melaju ke babak 16 besar. Sebelum itu Korea hanya menang satu kali dari 11 pertandingan Piala Dunia terakhirnya.

Baca Juga: Jadwal 16 Besar Piala Dunia 2022 Hari ini: Jepang vs Kroasia, Brasil vs Korsel

4-Neymar masih diragukan tampil dalam laga Selasa dini hari itu karena masih berusaha memulihkan diri dari cedera pergelangan kaki.

5-Brasil yang tak terkalahkan selama kualifikasi Piala Dunia 2022 sudah lima kali menjuarai Piala Dunia dan difavoritkan menjadi juara dunia 2022.

6-Brasil selalu mengikuti putaran final Piala Dunia sejak 1930 tetapi belum pernah mencapai final sejak juara pada 2002.

Baca Juga: Rumah Dirampok, Raheem Sterling Tinggalkan Timnas Inggris di Qatar

7-Korea Selatan adalah satu-satunya negara Asia yang mencapai semifinal Piala Dunia saat menjadi tuan rumah bersama Jepang pada 2002. Mereka pernah lolos dari fase grup Piala Dunia 2010 sebelum menyerah 1-2 kepada Uruguay dalam babak 16 Besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya