SOLOPOS.COM - Muhammad Aji Bijaksana, gelandang bertahan Persis Solo Youth. (Istimewa/Dok Persis Solo Ofisial)

Solopos.com, SOLO — Muhammad Aji Bijaksana menjadi salah satu pemain asli Solo yang memperkuat Persis Solo Youth musim ini. Jibang sapaan akrabnya menjadi gelandang bertahan andalan Direktur Teknik Persis Solo, Misha Radovic untuk saat ini.

Jibang memulai mengenal sepak bola seperti pemain-pemain sepak bola pada umumnya. Bermain bola di kampung dengan teman-temannya, menonton tayangan pertandingan di televisi, dan sesekali datang ke stadion sepak bola.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Perjalanan karier Jibang saat usia belia bermula dari kompetisi antargugus atau kompetisi antar sekolah dasar. Pemain kelahiran Solo, 28 September 2001 itu sempat mewakili Kecamatan Banjarsari dalam kompetisi usia muda.

Baca Juga: Profil Legenda Persis Solo Syaiful Bachri, Bawa Tim ke Divisi Utama

Dengan minat dan bakat yang ia miliki, oleh orang tua temannya Jibang dibiayai untuk masuk ke sekolah sepak bola (SSB) New Pelita Solo. Setelah itu berlanjut pada turnamen Piala Menpora di Stadion Sriwedari yang diikuti Jibang. Dari situ, ada pemandu bakat meliriknya hingga menawarkan untuk berangkat ke Bogor bergabung dengan SSB Kabomania.

Saat bermain di SSB Kabomania Bogor, dia mengikuti berbagai kompetisi. Melansir komunitas pecinta sepak bola Solo, Pagar Hijau Manahan, Kamis (23/3/2021), menyebutkan berdasarkan statistik Labbola dan tim Liga KG U-14, dia terpilih sebagai pemain terbaik di bulan pertama pada Liga Kompas Gramedia U-14 Panasonic 2015. Jibang juga mengikuti Elite Pro dan berkompetisi di Piala Gothia Cup di Swedia.

Perjalanan karier kemudian membawanya kembali ke Solo. Jibang memilih bergabung dengan Persis Solo Youth karena beberapa pertimbangan seperti perihal sejarah, Persis Solo tercatat sebagai salah satu klub pendiri federasi sepak bola Indonesia, PSSI.

Pertimbangan kedua karena Persis Solo merupakan klub impiannya sejak kecil. Jibang juga melihat Persis Solo saat ini mempunyai program yang fokus pada pembinaan pemain kelompok umur.

Ingin Berkembang

Jibang mengungkapkan asisten pelatih Persis Solo, Haryanto Prasetyo yang akrab dipanggil Coach Tommy merupakan orang yang berperan penting di balik bergabungnya ke Persis Youth. Coach Tommy yang meyakinkan Jibang untuk bergabung ke Persis Solo musim ini.

Pemain yang mengidolakan gelandang Persis Solo, M. Wahyu itu berharap bisa terus berkembang bersama Laskar Sambernyawa. Seperti pemain idolanya, ia berharap mampu menjadi gelandang bertahan yang sama baiknya saat membela Persis Solo.

Baca Juga: Wakil Jateng di Liga 3 Tersisa Persipa Pati

“Awalnya bermain di kampung-kampung, lalu Gothia Swedia sangat berkesan untuk saya karena sempat dua hari di bandara karena ada gejolak di Turki,” kata Jibang dalam akun ofisial Persis Solo.

Jibang pun mengakui sempat menjadi suporter Persis Solo. Hingga akhirnya dia bisa mewujudkan mimpinya berseragam Persis Solo. “Bangga sekali bisa menjadi bagian Persis Solo. Banyak sekali pasti yang ingin bermain di sini,” imbuh Jibang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya