Dari Pasar Rakyat hingga Toko Kelontong, Ini Sektor-Sektor yang Dilonggarkan pada Perpanjangan PPKM Level 4

Pemerintah resmi memperpanjang mberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) PPKM level 4 hingga 2 Agustus 2021 mendatang.
Dari Pasar Rakyat hingga Toko Kelontong, Ini Sektor-Sektor yang Dilonggarkan pada Perpanjangan PPKM Level 4

Solopos.com, JAKARTA – Pemerintah resmi memperpanjang mberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) PPKM level 4 hingga 2 Agustus 2021 mendatang. Ada sejumlah sektor yang dilonggarkan dalam pembatasan kali ini.

Perpanjangan PPKM level 4 itu diumumkan oleh Presiden Joko Widodo dalam paparan media secara online, Minggu (25/7/2021). Jokowi menyebut ada sejumlah sektor yang dilonggarkan. Salah satunya adalah pasar rakyat.

Baca Juga: Resmi! PPKM Level 4 Diperpanjang hingga 2 Agustus 2021

“Pasar rakyat dibolehkan buka seperti biasa dengan prokes ketat, pasar rakyat yang jual selain kebutuhan sehari-hari bisa dibuka kapasitas maskimum 50% sampai pukul 15.00,” kata Jokowi seperti dikutip dari detik.com, Minggu (25/7/2021).

Tak cuma itu, ada beberapa sektor lain yang mendapat kelonggaran pada perpanjangan PPKM level 4 kali ini. Nantinya, aturan kelonggaran itu akan diatur oleh pemerintah daerah (pemda).

“Pedagang kaki lima, toko kelontong, agen atau outlet voucher, pangkas rambut, pedagang asongan, bengkel kecil dan usaha kecil lain diizinkan buka dengan prokes ketat dan dibuka sampai pukul 21.00, pengaturan teknisnya diatur oleh pemerintah daerah,” lanjutnya.

Kemudian untuk warung makan, PKL, dan usaha sejenis di ruang terbuka juga diizinkan buka dengan prokes ketat sampai pukul 20.00. Bahkan pada pembatasan kali ini, pembeli diperbolehkan makan di tempat.

Baca Juga: Septic Tank Toilet Pekerja Proyek Pasar Legi Solo Meluber Ke Jalan Kampung, Baunya Ganggu Warga

“Maksimum waktu makan tiap pengunjung 20 menit. Hal hal teknis akan dijelaskan Menko dan Menteri terkait,” terang Jokowi.

Presiden juga menyebut akan ada bantuan sosial untuk masyarakat saat perpanjangan PPKM Level 4 kali ini. “Untuk mengurangi beban masyarakat kami tingkatkan pemberian bansos di tengah masyarakat dan bantuan untuk usaha mikro, kecil. Penjelasan terperinci akan dilakukan oleh Menko dan Menteri terkait,” jelasnya.


Promo & Events
Berita Terkait
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago