SOLOPOS.COM - Abdee Slank. (Liputan6.com)

Solopos.com, JAKARTA–Dari musikus hingga menjadi komisaris, perjalanan karier Abdee Slank menarik untuk disimak. Pemilik nama lengkap Abdi Negara Nurdin ini diangkat menjadi Komisaris Telkom. Kabar ini pun membuat namanya menjadi trending topik di media sosial.

Perjalanan karier Abdee Slank dimulai sebagai musikus sebagai gitaris di grup musik Slank era 80-an yang masih eksis hingga saat ini. Selain sebagai gitaris, Abdee Slank juga menjadi produser band musik. Selain itu, ia juga turut andil dalam menciptakan lagu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Berikut ini perjalanan karier Abdee Slank seperti mengutip Liputan6.com dan berbagai sumber, Sabtu (29/5/2021).

1. Suka musik sejak kecil

Usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) memutuskan Abdee Slank sebagai Komisaris Independen, banyak warganet yang memperbincangkannya. Hal itu lantaran ia lebih dikenal sebagai anggota band dan seorang musikus.

Pria berusia 51 tahun ini lahir dan tumbuh besar di Donggala, Sulawesi Tengah. Terlahir pada 28 Juni tahun 1968, ia sudah mulai terlihat tertarik terhadap dunia musik yang digelutinya di usia dini. Hal itu pun berlanjut saat Abdee Negara memulai pendidikan musik saat remaja.

Baca Juga: Abdee Slank Komisaris Telkom Disambut Keriuhan di Twitter

Perjalanan karier Abdee Slank sebagai musikus dimulai pada usia 20 tahun-an saat menjalani pendidikan musik di sekolah musik Farabi milik Dwiki Darmawan. Kariernya di dunia musik dimulai meluas dengan bergabung bersama sejumlah band seperti Flash, Interview, dan Enemest sebagai gitaris.

2. Bergabung dengan Slank

Perjalanan karier Abdee berlanjut pada 1997 saat resmi menggantikan Pay sebagai gitaris di Slank. Band yang berdiri di Gang Potlot itu pun kerap tampil dengan naunsa musik blues rock. Tak hanya itu, kariernya di dunia musik semakin meluas yang mencakup sebagai penulis lagu, penyanyi latar, hingga produser.

Dengan kehadiran Abdee, Slank berhasil merilis beberapa album seperti Tujuh (1997), Mata Hati Reformasi (1998), Virus (2001), Anthem For The Broken Hearted (2009), I Slank U (2012) dan Slank Nggak Ada Matinya (2013).

3. Jadi produser

Perjalanan kariernya di dunia musik tak hanya sebagai bagian dari band Slank, Abdee juga melebarkan sayapnya sebagai produser. Ia menjajal sebagai produser bagi beberapa grup musik lain. Seperti Serious Band (2000), Maleo Musik bersama The Painkillers (2012) hingga Marshanda.

Ia juga beberapa kali membuat project kolaborasi. Deretan artis ternama yang pernah diajak kolaborasi yakni Agnez Mo, Sherina Munaf dan The Brandals.

4. Pernah menjabat komisaris

Perjalanan karier Abdee Slank tak hanya di dunia musik, dia terjun di dunia politik pada 2014 lalu dengan bergabung menjadi sukarelawan Joko Widodo. Tak heran jika ia sering menjadi narasumber di beberapa televisi sebagai juru bicara Slank dan juru bicara sukarelawan Jokowi.

Baca Juga: Terkuak, Ini Alasan Pengangkatan Abdee Slank Jadi Komisaris Telkom

Selain itu, Abdee diketahui menjabat sebagai komisaris di dua perusahaan berbeda yaitu di PT Sugih Reksa Indonesia (2020-sekarang) dan PT Nagara Sains Ekosistem (2021-sekarang).

Abdee juga sempat mendirikan beberapa perusahaan yang bergerak di bidang musik yakni PT Hijau Multi Kreatif (2005- sekarang) dan Maleo Music (2009-sekarang).

5. Jadi Komisaris PT Telkom

Kini tugas baru bakal diemban Abdee Slank sebagai Komisaris Independen PT. Telkom usai diangkat oleh Erick Tohir. Abdee dikabarkan akan mengemban tugas tersebut dalam kurun waktu 5 tahun untuk satu kali masa jabatan. Komisaris dapat diangkat kembali untuk satu kali masa jabatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya