SOLOPOS.COM - Penampakan rencana Kawasan Industri Terpadu Batang, yang dipaparkan Asisten Ekonomi Pembangunan Setda Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Peni Rahayu, dalam acara Webinar Series Nyengkuyung G20 dengan tema Konektivitas dan Peras Infrastruktur dalam Mendorong Pemulihan Ekonomi, yang digelar oleh Solopos Media Group (SMG) dan Harian Jogja didukung oleh OJK, Prodia, Telkom dan BPD DIY, Rabu (15/6/2022).

Solopos.com, SOLO — Pembangunan infrastruktur disebut membawa dampak positif terhadap upaya percepatan pemulihan ekonomi di daerah.

Bahkan di Jawa Tengah, yang saat awal pandemi Covid-19 mengalami penurunan pertumbuhan ekonomi hingga -5,92%, tahun ini sudah pulih dan melebihi rata-rata nasional.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Asisten Ekonomi Pembangunan Setda Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Peni Rahayu, mengatakan pertumbuhan ekonomi di Jateng sudah meningkat.

“Saat ini sudah di atas rata-rata nasional, sudah bisa menjapai 5,16%. Sejak awal 2021 sudah mulai merangkak naik, walaupun sempat jatuh sejatuh-jatuhnya di triwulan kedua 2020. Saat itu sampai -5,92%. Alhamdulillah sudah merangkat naik di 2021 sudah positif, akhir tahun sudah 3,32% dan triwulan 2022 sudah 5,16% sementara rata-rata nasional 5,02%,” kata dia dalam acara Webinar Series Nyengkuyung G20 dengan tema Konektivitas dan Peras Infrastruktur dalam Mendorong Pemulihan Ekonomi, yang digelar oleh Solopos Media Group (SMG) dan Harian Jogja didukung oleh OJK, Prodia, Telkom dan BPD DIY, Rabu (15/6/2022).

Menurutnya, pertumbuhan ekonomi itu secara langsung maupun tidak juga dipengaruhi oleh adanya pembangunan infrastruktur, terutama Tol Trans Jawa.

Baca Juga: Solopos Media Group & Harian Jogja Hadirkan Webinar Nyengkuyung G20

“Kami sangat berterima kasih kepada pemerintah pusat. Di Jateng sudah dibangun Trans Jawa, kemudian sekarang sedang proses Tol Solo-Jogja. Kemudian Bawen-Jogja juga sudah disiapkan,” lanjut dia.

Sementara di tepi laut juga dibangun Tol Tanggul Laut yang terintegrasi dengan tanggul laut, untuk jalur Semarang-Demak juga sudah berproses.

Menurutnya dengan adanya Tol Trans Jawa, kini muncul bangkitan ekonomi yang jumlahnya sangat banyak. Bahkan Provinsi Jateng juga menjadi lokasi pembangunan infrastruktur melalui pembangunan proyek-proyek strategis nasional. Termasuk Kawasan Industri Kendal, Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur, serta KIT Batang.

Di sisi lain, jalan konektivitas di antara jalan tol yang sudah terbangun atau sedang dipersiapkan juga akan dibuat. Hal itu diharapkan akan menambah geliat perekonomian di daerah.

Baca Juga: Webinar Nyengkuyung G20: Pemberdayaan UMKM Harus Lebih Menantang

Berdasarkan catatan Pemerintah Provinsi Jateng, beberapa bangkitan ekonomi dengan adanya Tol Trans Jawa akan dapat meningkatkan investasi sebesar 11%. Dampak positif lain muncul adalah adanya efisiensi waktu untuk mengakses daerah lain.

Lokasi yang berdekatan dengan pintu keluar masuk jalan tol dinilai akan berkembang cepat sebagai kawasan bisnis, baik UMKM, industri perdagangan, jasa keuangan termasuk industri pariwisata.

”Ini akan mampu meningkatkan daya saing dan nilai tambah dengan menekan biaya logistik yang pada akhirnya berkontribusi positif bagi pertumbuhan ekonomi regional. Itu dibuktikan saat ini Jateng sudah di atas rata-rata nasional,” lanjut dia.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Wijaya Karya (Wika), Agung Budi Waskito, mengatakan saat terjadi pandemi, proyek-proyek yang datang dari swasta maupun BUMN banyak yang terkendala. Dengan begitu proyek yang banyak datang hanya dari pemerintah. Namun menginjak awal 2022, kondisi itu sedikit demi sedikit berangsur normal.

Baca Juga: Tidak Bisa Berkembang Sendiri, UMKM Butuh Dukungan Komprehensif

“Jadi saat ini kami mulai membangkitkan lagi proyek-proyek yang sebelumnya sempat molor, sehingga akan membantu perekonomian daerah,” jelas dia pada acara Webinar Series Nyengkuyung G20 dengan tema Konektivitas dan Peras Infrastruktur dalam Mendorong Pemulihan Ekonomi, yang digelar oleh Solopos Media Group (SMG) dan Harian Jogja didukung oleh OJK, Prodia, Telkom dan BPD DIY, Rabu (15/6/2022).

Di sisi lain, dia mengatakan saat ini BUMN juga didorong sebagai salah satu sektor yang berperan dalam percepatan ekonomi. Bahkan hal itu juga telah diarahkan langsung oleh Menteri BUMN.

“Dengan begitu BUMN bukan sekedar menjadi korporasi yang harus tumbuh. Namun juga terlibat dalam pemetaan daerah-daerah sehingga BUMN juga memiliki tanggung jawab baik dalam hal investasi maupun tanggung jawab sosial dan lingkungan,” lanjut dia.

Dia menyebutkan dalam 10 tahun terakhir, kegiatan pembangunan yang dikerjakan perusahaan cukup banyak. Hal itu seiring dengan arahan Presiden untuk menggenjot pembangunan infrastruktur. Dengan begitu, Wika dan BUMN Karya yang lain, bersama pemerintah bahu-membahu mempercepat pembangunan.

Setelah melandainya pandemi, kini pihaknya terus terlibat dalam kegiatan recovery. Di antaranya melanjutkan investasi-investasi yang sebelumnya sedikit terhambat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya