SOLOPOS.COM - Satpol PP menempelkan stiker penyegelan outlet Holywings di kawasan Mega Kuningan, Jakarta, Selasa (28/6/2022). (Antara/Aprillio Akbar)

Solopos.com, SOLO — Sosok pemilik Holywings menjadi sorotan menyusul kontroversi promo minuman keras berbau SARA. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah mencabut 12 izin gerai Holywings sebagai buntut kontroversi promo minuman keras berbau SARA.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi DKI Jakarta, Benny Agus Chandra mengatakan hal tersebut sesuai dengan arahan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pencabutan izin tersebut juga merupakan rekomendasi dari Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi DKI Jakarta dan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM (DPPKUKM) Provinsi DKI Jakarta yang menemukan adanya pelanggaran di Holywings Group.

“Sesuai arahan gubernur untuk bertindak tegas, sesuai ketentuan dan menjerakan, serta mendasarkan pada rekomendasi dan temuan dua OPD Pemprov DKI Jakarta, maka kami selaku Dinas PM-PTSP mencabut izin usaha 12 outlet Holywings di Jakarta sesuai ketentuan yang berlaku,” kata Benny dikutip dari laman PPID DKI Jakarta, pada Senin (27/6/2022).

Baca Juga: Satpol PP Tutup 12 Outlet Holywings di Jakarta, Ini 3 Jenis Pelanggaran

Lantas siapa pemilik Holywings sebenarnya?

Melansir dari akun Linkedin Holywings Indonesia, Holywings merupakan perusahaan yang menaungi bisnis beer house, lounge, dan klub malam.

Usaha ini memiliki visi menjadi tempat untuk semua kebutuhan rekreasi gaya hidup bagi masyarakat, terutama anak muda urban.

Adapun layanan yang disediakan oleh Holywings, di antaranya adalah musik live setiap hari, menu dengan gaya masakan dari seluruh dunia, dan menu minuman yang beragam.

Saat ini, restoran Holywings sendiri setidaknya telah memiliki 12 cabang di Jakarta, di antaranya di Pantai Indah Kapuk, Kelapa Gading, Gunawarman, Mega Kuningan, Epicentrum, Pondok Indah. Selain itu, ia juga memiliki cabang di Graha Family dan Kertajaya, Surabaya; serta di Makassar, Medan, Tangerang, dan Bandung.

Baca Juga: Lakukan Pelanggaran! Pemprov DKI Jakarta Tutup Seluruh Outlet Holywings

Dulunya Kedai Nasi Goreng

Sedangkan melansir situs resminya holywings.com, tercatat ada 36 gerai Holywings di seluruh Indonesia. Melansir Bisnis.com, Holywings yang cabangnya telah menjamur di berbagai kota di Indonesia ini ternyata dulunya adalah kedai nasi goreng.

Holywings kali pertama berdiri di tahun 2014 yang menaungi beer house, klab malam, dan lounge. Sebelumnya, beer house ini berada di kawasan Kelapa Gading (Jakarta Utara) dengan nama Kedai Opa.

Melalui kanal YouTube Holywings, Ivan Tanjaya selaku pendiri atau Co-Founder yang juga pemilik Holywings memberikan keterangan mengenai sejarah Holywings.

Ia bersama dengan Eka Setia Wijaya membuka kedai yang menu utamanya adalah nasi goreng. Karena pendapatan sedikit dan berakhir boncos, keduanya akhirnya berubah haluan.

Baca Juga: Anies Baswedan Cabut Izin 12 Gerai Holywings, Hotman Paris Sowan ke MUI

Bersama dengan tiga rekan lainnya, mereka akhirnya mendirikan Holywings. Setelah kesuksesan Holywings, mereka mendapat pendanaan dari Hotman Paris dan artis Nikita Mirzani.

Pada Mei 2021 lalu, Hotman Paris mengumumkan menjadi pemegang saham Holywings bersama Nikita Mirzani. Hotman Paris mengaku sampai mencairkan empat depositonya untuk membeli saham Holywings.

“Pada saat itu gua pikir nih, gua geber [Kedai Opa] mati, gua tahan gua mati juga. Habis itu gua sama Eka berpikir ya udah lah kita ganti konsep total. Ganti konsep total sesuai apa yang gua belajar dari China, minum sambil makan sambil live music,” tutur Ivan dikutip dari Youtube Holywings. Terinspirasi dari steak Holycow, Ivan akhirnya memberikan nama bar-nya dengan nama Holywings.

Baca Juga: Berikut Jejak Kontroversi Kafe Holywings, Langgar PPKM dan Hina Agama 

Dari situ, menu utama yang disajikan yakni sayap ayam. Namun untuk menarik pengunjung, Holywings turut menjual minuman beralkohol ditambah dengan sajian live music sebagai hiburan.

Holywings juga sering menggelar pertandingan tinju selebritas tanah air seperti Vicky Prasetyo Vs Azka Corbuzier, Nikita Mirzani vs Dinar Candy, Mario Lawalata vs Roy Ricardo, Barbie Kumalasari vs Irma Dharmawangsa, dan Nicholas Sean vs Sabian Tama. Dari nama-nama itu ada yang sudah digelar dan ada yang baru dijadwalkan.

Itulah ulasan tentang siapa pemilik Holywings yang sahamnya juga dimiliki Hotman Paris dan Nikita Mirzani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya