Dari Hikmah Pandemi Menuju Keharusan Transformasi

Kondisi pandemi telah memberikan pelajaran pentingnya melengkapi diri dengan layanan digital.
Dari Hikmah Pandemi Menuju Keharusan Transformasi
SOLOPOS.COM - Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Solo, Nugroho Joko Prastowo (pegang bendera start, kanan) dan Sekda Solo, Ahyani (pegang bendera start, kiri) memberangkatkan Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 di Balai Kota Solo, Sabtu (4/12/2021) pagi. (Solopos.com-Kurniawan)

Banner Ekspedisi Ekonomi Digital 2021

PromosiSpekulasi Penundaan Pemilu dan Perpanjangan Jabatan Presiden Tamat

Solopos.com, SOLO — Solopos Media Group (SMG) menggelar program peliputan khusus Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 dengan tema Transformasi Digital untuk Pemerataan Ekonomi, selama enam hari, yakni Sabtu-Kamis (4-9/12/2021).

Keberangkatan tim yang terdiri empat personel dilepas oleh Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Solo, Nugroho Joko Prastowo, dan Sekda Solo, Ahyani, di halaman Balai Kota Solo, Sabtu (4/12/2021) pukul 07.30 WIB.

Hadir dalam pemberangkatan tim itu Presiden Direktur SMG, Arif Budisusilo; Direktur UT Surakarta, Yulia Budiwati; serta Owner Candi Elektronik, Ardian Ayat Santiko.

Baca Juga: Ekspedisi Ekonomi Digital 2021, 6 Hari Tim Solopos Jejalahi 5 Kota

Daerah pertama yang menjadi tujuan peliputan yaitu Getasan, Kabupaten Semarang. Setelah itu tim yang dipimpin oleh Ahmad Mufid Aryono akan menuju Semarang, Cirebon dan DKI Jakarta. Sektor riil menjadi sasaran utama tim.

Mereka akan memotret agresivitas sektor-sektor riil penopang pertumbuhan ekonomi beralih ke sistem digital. Seperti sektor perbankan, usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), otomotif, dan sektor elektronik.

Sektor pendidikan, perdagangan, telekomunikasi, hingga e commerce, tak luput dari sasaran tim ini. Ekspedisi kali ini didukung BNI, Mitsubishi Motor, Universitas Terbuka Surakarta, Artugo, Galeri24, dan Candi Elektronik.

Ada juga Prodia, XL Axiata, dan Gojek. Brand-brand itu mewakili sektor-sektor yang saat ini tengah getol melakukan ekspansi pelayanan digital. Arif Budisusilo mengungkapkan fenomena banyaknya brand yang hadir.

Fenomena tersebut menurut dia bila dipotret dan dikemas dengan baik dapat menjadi lompatan luar biasa untuk Solo. Termasuk fenomena digitalisasi ekonomi yang terbukti menjadi jembatan efektif di masa pandemi ini.

“Pak Wali Kota sering mengatakan ekonomi digital bukan pilihan, tapi keharusan. Saya 1.000 persen setuju. Kita bisa memanfaatkan ekonomi digital untuk sebesar-besar kemajuan dan kemakmuran masyarakat,” ujar dia.

Baca Juga: Transaksi Digital Banking Bisa Capai Rp48.000 Triliun di 2022

Mendasarkan fenomena itu pula SMG menggagas program ekspedisi untuk melihat langsung geliat ekonomi. Dengan program tersebut Solopos ingin menyajikan informasi yang menginspirasi masyarakat Soloraya.

Sedangkan Nugroho Joko Prastowo berharap Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 dapat semakin menyosialisasikan dan mengedukasi masyarakat untuk menggunakan beragam fasilitas digital di masa pandemi ini.

Apalagi hampir dua tahun ini kondisi pandemi telah memberikan pelajaran pentingnya melengkapi diri dengan layanan digital. Dia juga berharap ekspedisi yang dilakukan Tim SMG dapat memetakan hambatan yang ada.

“Apa hambatan, kendala dalam pengembangan ekonomi digital di masyarakat. Dari hambatan itu akan menjadi masukan bagi kami, pemda, pusat dan stakeholder lain untuk berupaya melakukan perbaikan,” kata dia.

Baca Juga: Tim Ekspedisi Digital Ekonomi 2021 Memotret Pertanian di Kopeng

Joko, panggilan akrabnya mencontohkan keberhasilan sistem digital saat pelaksanaan Solo Great Sale (SGS) 2021. Dari target transaksi Rp800 miliar, nyatanya realisasi transaksi SGS tahun ini bisa sampai Rp1,16 triliun.

Sedangkan Ahyani berharap Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 oleh tim SMG dapat menginspirasi gerakan yang sama di tingkat nasional. Sebab selama ini banyak program atau kebijakan nasional yang diinisiasi Solo.

“Mudah-mudahan ini gerakan nasional untuk ekonomi digital bisa dimulai dari Solo. Dengan adanya pandemi memberikan hikmah. Ujian ini membuat kita menyesuaikan diri, beradaptasi dengan perubahan,” ujar dia.

 


Berita Terkait
    Berita Lainnya
    Promo & Events
    Honda Motor Jateng
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago