SOLOPOS.COM - Waheni melihat puing-puing dapur rumahnya yang terbakar, Minggu (8/12/2013) malam.(JIBI/Harian Jogja/Ujang Hasanudin)

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Kebakaran menimpa dapur rumah milik Waheni, 47, di Dusun Siyono Wetan, Desa Logandeng, Kecamatan Playen, Minggu (8/12/2013) malam. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun dapur rumah yang berada tepat di depan Garasi Bus PO Maju Lancar itu ludes.

Kebakaran yang disebabkan dari tungku kayu yang lupa dipadamkan seusai memasak gudeg itu terjadi sekitar pukul 22.30 WIB. Puluhan warga sekitar sibuk memadamkan api dengan peralatan seadanya. Namun api baru padam setelah dua kendaraan pemadam kebakaran milik Unit Pelaksana Tugas Penanggulangan Bahaya Kebakaran (UPT-PBK) Gunungkidul tiba di lokasi kejadian.

Promosi Keturunan atau Lokal, Mereka Pembela Garuda di Dada

“Yang pertama tahu ada api membakar atap dapur itu anak saya Fitri. Dia teriak-teriak, saya langsung minta tolong warga,” ucap Waheni, di rumahnya.

Waheni tidak mengetahui api bisa melalap atap dan dinding dapur yang terbuat dari gedek tersebut. Hanya, sekitar pukul 21.30 WIB dia memang memasak sayur gudeg di tungku untuk jualan setiap harinya. Selesai memasak, dia tidur, sementara anak-anak sedang menonton televisi di ruang tengah.

“Saya bersyukur tidak sampai merembet ke dalam rumah. Kalau kerugiannya paling sekitar Rp5 jutaan,” kata Waheni.

Sementara Komandan Regu UPT-PBK, Widodo mengatakan, dua kendaraan pemadam kebakaran yang didatangkan tidak sampai menghabiskan air. Hanya butuh waktu sekitar 15 menit petugas pemadam menaklukan api.

Menurut Widodo, meski hujan deras di sekitar lokasi kebakaran sejak siang hari, api tetap membesar karena di sekitar tungku tempat memasak banyak tumpukan kayu kering yang mudah terbakar. “Banyak kayu kering dekat tungku jadi api terus merembet sampai ke atap dapur,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya