Dapur Ponpes di Sukabumi Terbakar, Ternyata Ini Penyebabnya

Dapur Pondok Pesantren (Ponpes) Attohiriyah di Kelurahan Cibeureum Hilir, Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi terbakar.
Dapur Ponpes di Sukabumi Terbakar, Ternyata Ini Penyebabnya
SOLOPOS.COM - Kebakaran di Sukabumi (Istimewa).

Solopos.com, SUKABUMI — Dapur Pondok Pesantren (Ponpes) Attohiriyah di Kelurahan Cibeureum Hilir, Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi terbakar. Kejadian pada Rabu (13/10/2021) sekitar pukul 16.40 WIB. Beruntung api berhasil dipadamkan sebelum merembet ke bangunan lainnya.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi Imron Wardhani mengatakan api diduga dipicu dari pembakaran sampah oleh santri ponpes. Kemudian api pembakaran api diduga merembet ke dapur.

“Anak pesantren selesai membakar sampah tidak melihat sisa tempat pembakaran sehingga menjalar membakar dapur. Beruntung ada yang melihat kejadian tersebut sehingga dapat dikendalikan dengan cepat oleh masyarakat melalui pemadaman awal dan melaporkan kepada petugas,” kata Imron kepada detikcom.

Baca juga: Mahasiswa di Tangerang Dibanting Polisi, Ini Kronologinya

Akibat kejadian kebakaran itu, dapur ponpes habis dilalap si jago merah. Api juga sempat merembet ke atap rumah warga namun berhasil dipadamkan petugas pemadam kebakaran.

“Nilai aset kerugian kurang lebih sekitar Rp 30 juta dan atap rumah sekitar Rp 3 juta. Api berhasil dipadamkan sebelum merembet ke bangunan atau pemukiman warga,” ucap Imron seperti dikutip dari Detik.com.

“Saat tiba dilokasi petugas melakukan pemadaman dan pendinginan, dilanjutkan pengecekan dan kemudian dilanjutkan pendataan. Ada tiga unit kendaraan pemadam yang dikerahkan,” sambung dia.

Baca juga: Mayat Perempuan Ditemukan di Hutan Grobogan, Terbungkus Plastik Hitam

Imron mengimbau agar warga memperhatikan nyala api terlebih saat membakar sampah agar tidak timbul bencana kebakaran.

“Kami imbau kepada warga ketika membakar sampah jauh dari pemukiman atau rumah, karena bisa saja sisa nyala api terkena angin kemudian mengenai bangunan atau benda lainnya yang mudah terbakar,” ujar Imron.

 

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago