Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Dapat Uang Rupiah Kertas Baru Emisi 2022, Warga Pilih Simpan Dulu

Puluhan warga mengantre penukaran uang rupiah kertas tahun emisi 2022 (TE 2022) di mobil kas keliling Bank Indonesia di Halaman Balai Kota Solo, Jumat (19/8/2022).
SHARE
Dapat Uang Rupiah Kertas Baru Emisi 2022, Warga Pilih Simpan Dulu
SOLOPOS.COM - Warga menukar uang rupiah kertas tahun emisi 2022 di mobil kas keliling BI Solo, Jumat (19/8/2022) di Halaman Balai Kota Solo, (Solopos/Afifa Enggar Wulandari)

Solopos.com, SOLO — Puluhan warga mengantre penukaran uang rupiah kertas tahun emisi 2022 (TE 2022) di mobil kas keliling Bank Indonesia. Mereka sudah berdatangan sejak pukul 08.30 WIB di Halaman Balai Kota Solo, Jumat (19/8/2022).

Kota Solo menjadi lokasi awal BI yang akan berkeliling di tujuh kabupaten/kota di Soloraya. Seusai Solo, BI akan membuka layanan penukaran uang rupiah kertas TE 2022 di Kabupaten Sukoharjo, Senin (22/8/2022).

PromosiGelaran B20 di Jawa Timur Fokus pada Rantai Pasok UMKM

Salah satu penukar uang, Sri Wahono, 40 warga Kelurahan Manahan, Kecamatan Banjarsari, Solo mengatakan ia menukar langsung uang Rp1 juta. Jumlah tersebut terdiri dari ketujuh pecahan, dari Rp1.000 hingga Rp100.000 uang rupiah kertas baru.

“Ini komplet semua dicoba satu-satu. Total Rp1 juta,” kata dia saat diwawancara di lokasi penukaran.

Wahono, sapaannya, menilai uang kertas rupiah terbaru hadir dengan visual yang lebih menarik. Warna yang lebih kontras, menurutnya, akan memudahkan masyarakat dalam membedakan antarpecahan.

Baca Juga: Begini Cara Tukar Uang Rupiah Baru Emisi 2022 di Soloraya

Dia menilai kerap kali masyarakat keliru dan luput membedakan uang rupiah kertas lama pecahan Rp2.000 dan Rp20.000.
“Lebih bagus ya lebih kelihatan cerah. Mana yang Rp2.000 sama mana yang Rp20.000. [dulu] Susah dibedakan antara dua itu,” jelasnya.

Meski ia antusias menukarkan uang rupiah kertas terbaru, ia tak akan langsung memakainya untuk keperluan transaksional. Wahono masih akan menyimpannya karena uang rupiah kertas terbaru yang ia nilai lebih bagus, masih belum banyak beredar di pasaran.

“Disimpan dulu. Koleksi dulu, soalnya bagus,” kata dia tertawa.

Baca Juga: Rumah Subsidi akan Diguyur Rp34,2 Triliun, Emiten Properti Siap Terbang

Lebih Bagus

Sama halnya dengan Wahono, Arno Eko Yulianto, warga Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo belum akan menggunakan uang rupiah kertas terbaru TE 2022 untuk transaksional.

Arno akan menyerahkan uang yang sudah berhasil ia tukarkan kepada istrinya. “Kalau saya tidak disuruh istri tidak mau saya. Nanti saya kasih istri dulu. Mbuh [tidak tahu] enggak tau dipakai apa dulu,” jelasnya kepada awak media.

Menurut Arno, uang rupiah kertas terbaru ukurannya lebih variatif dan lebih kecil. Memang, selisih antarpecahan pada uang rupiah kertas terbaru cukup jelas.

Tak hanya itu, tampilannya lebih kontras dan warnanya lebih tajam.”Oh lebih kecil. Lebih bagus, lebih warna-warni,” imbuh dia.

Baca Juga: Pemerintah bakal Naikkan Harga Rumah Subsidi, Ini Pertimbangannya

Arno juga berencana menukarkan uang lagi saat mobil kas keliling BI berkunjung ke Kabupaten Sukoharjo.
“Insyaallah nukar lagi [di Sukoharjo],” pungkasnya.

Ia hanya mendapat uang rupiah kertas TE 2022 senilai Rp1 juta yang terdiri dari ketujuh pecahan. Hal itu sesuai dengan aturan yang ditetapkan BI, satu orang penukar hanya bisa menukar maksimal lima paket uang rupiah kertas baru. Dengan nilai satu paket seharga Rp200.000. “Rp1 juta. Kanmaksimal hanya boleh Rp1 juta,” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Kantor Perwakilan BI Solo, Nugroho Joko Prastowo mengatakan penukaran uang baru akan dilakukan berkeliling Solo, Boyolali, Sukoharjo, Karanganyar, Wonogiri, Sragen, dan Klaten.

Kota Solo akan menjadi lokasi pertama dimulainya penukaran uang kertas rupiah baru di Balai Kota Solo, Jumat (19/8/2022).

“Besok [19/8/2022] perdana kita buka mobil kas keliling di Pemerintah Kota Solo [Balai Kota Solo],” papar dia saat jumpa pers di Griya Krida Lumaksa (GKL) Kompleks Kantor BI Solo.

Baca Juga: Ingin Tukar Uang Baru 2022? BI akan Keliling Soloraya, Catat Tanggalnya

Seusai Kota Solo, Kabupaten Sukoharjo menjadi sasaran kedua penukaran uang baru TE 2022. Penukaran di Sukoharjo sendiri akan dibuka sehari saja, Senin (22/8/2022). Berlanjut Selasa di Kabupaten Klaten dan Kabupaten Karanganyar di hari yang sama.

“Tanggal 22 Agustus 2022, Senin di Pemkab Sukoharjo, Selasa 23 Agustus di Pemkab Klaten bersamaan di Karanganyar,” imbuh Joko.

Kemudian, BI akan merambah ke Wonogiri pada Rabu (24/8/2022), Kabupaten Sragen pada Kamis (25/8/2022) dan Boyolali pada Jumat (27/8/2022).

“Rabu 24 Agustus 2022 Pemkab Wonogiri, Kamis 25 Agustus 2022 Sragen, terakhir Jumat di Boyolali,” ujarnya.

Di masing-masing kabupaten dan kota di Soloraya, BI menyediakan kuota 50 orang. Masing-masing orang hanya bisa menukar maksimal lima paket uang baru TE 2022. Satu paket yang disediakan senilai Rp200.000



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode