SOLOPOS.COM - Tangkapan layar peresmian pabrik daur ulang PT Veolia Services Indonesia, Rabu (30/6/2021). (Farida Trisnaningtyas/Solopos)

Solopos.com, SOLO—PT Veolia Services Indonesia (Veolia Indonesia) bekerja sama dengan PT Tirta Investama (Danone-Aqua) membangun pabrik daur ulang botol plastik Polyethylene Terephthalate (PET) terbesar dan termutakhir di Indonesia di Pasuruan, Jawa Timur.

Pabrik ini hadir sebagai salah satu bagian dari komitmen mendukung pengelolaan dan pengurangan sampah plastik di Indonesia yang diresmikan pada Rabu (30/6/2021).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Acara peresmian pabrik yang dibangun di atas lahan seluas 22.000 meter persegi dengan luas bangunan 7.000 meter persegi ini dihadiri oleh Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, bersama CEO Veolia Southeast Asia, Sven Beraud- Sudreau, dan Presiden Direktur Danone-Aqua, Connie Ang.

Baca Juga: PPKM Darurat: WFH 100 Persen, Mal dan Tempat Ibadah Ditutup Kecuali Sektor Ini

Pabrik daur ulang ini berlokasi di Kawasan Pasuruan Industrial Estate Rembang (PIER), Kecamatan Rembang, Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur, dengan pembangunannya dimulai sejak Maret 2019. Saat ini, pabrik daur ulang Veolia Indonesia tersebut memiliki kapasitas produksi 25.000 ton/tahun recycled PET (rPET) yang telah memenuhi standar keamanan pangan (food grade) dan sertifikasi halal.

Menperin, Agus Gumiwang Kartasasmita, mengatakan pihaknya percaya dengan adanya investasi pabrik daur ulang botol plastik PET PT Veolia Services Indonesia dengan kapasitas produksi 25.000 ton/tahun ini dapat memperkuat ekosistem daur ulang dan ekonomi sirkular serta dapat meningkatkan tingkat pengumpulan sampah plastik di Indonesia.

“Ini sebagai upaya dalam mendukung target pemerintah untuk mengatasi permasalahan sampah plastik di laut hingga 70% pada 2025,” ujar dia dalam peresmian PT Veolia Services Indonesia secara virtual, Rabu.

Menurutnya, pembangunan fasilitas daur ulang botol plastik PET PT Veolia Services Indonesia dan Danone-Aqua dengan memanfaatkan sampah plastik juga menunjukkan komitmen kedua perusahaan dalam mendukung pembangunan yang berkelanjutan.

Baca Juga: Investasi Sektor Industri RI Tembus Rp219,7 Triliun

Mengurangi Permasalahan Sampah

CEO Veolia Southeast Asia, Sven Beraud-Sudreau, menambahkan pihaknya telah bekerja sama dengan pemerintah di sejumlah negara untuk membantu pengelolaan sampah plastik di negara mereka. Dengan mengoperasikan fasilitas daur ulang yang dilengkapi dengan teknologi terkini, Veolia telah mampu membantu mengurangi permasalahan sampah plastik di negara-negara tersebut.

“Suatu kebanggaan yang luar biasa bagi Veolia Indonesia untuk dipercaya dan bekerja sama dengan Indonesia serta mitra kami, Danone-Aqua untuk mengoperasionalkan pabrik daur ulang terbesar dan termutakhir yang ada di Indonesia, dalam rangka memenuhi kebutuhan bahan baku plastik daur ulang untuk produk-produknya,” kata dia.

Presiden Direktur Danone-Aqua, Connie Ang, menjelaskan sebagai pionir ekonomi sirkular, pihaknya berkomitmen untuk terus mendukung Pemerintah Indonesia menyelesaikan tantangan sampah plastik di Indonesia saat ini melalui Gerakan #BijakBerplastik.

Ini antara lain melalui upaya pengumpulan sampah plastik dan percepatan inovasi kemasan. Sejalan dengan hal tersebut, kemitraan yang dibangun bersama Veolia Indonesia ini akan dapat meningkatkan volume plastik PET daur ulang atau rPET yang digunakan di seluruh kemasan botol Aqua hingga 3x lipat dibandingkan pemakaian saat ini.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Bisnis di 2021 yang Berpotensi Mendatangkan Cuan Banyak

Veolia Indonesia merupakan perusahaan lokal bagian dari Grup Veolia yang berbasis di Prancis. Memiliki pengalaman panjang serta keahlian kuat dalam daur ulang dan pemrosesan plastik, Grup Veolia memiliki aspirasi menjadi perusahaan benchmark untuk transformasi ekologi.

Danone-Aqua mendukung operasional pabrik Veolia Indonesia dengan menjadi konsumen utama sekaligus memastikan terbangunnya rantai pasok botol plastik PET bekas yang inklusif melalui upaya peningkatan kesejahteraan pemulung dan pekerja TPS3R (Tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse, dan Recycle) di 4 kabupaten di Indonesia, di bawah naungan project Inclusive Recycling Indonesia atau daur ulang inklusif Indonesia.

Saat ini, seluruh kemasan botol plastik Danone-Aqua mengandung material daur ulang hingga 25% dan pada 2019 yang lalu, Danone-Aqua telah meluncurkan botol air minum pertama di Indonesia yang terbuat dari 100% plastik PET daur ulang (Aqua Life).

Oleh karena itu, kemitraan dengan Veolia Indonesia tidak hanya membantu meningkatkan upaya pengumpulan dan daur ulang sampah plastik di Indonesia, tetapi juga memastikan penggunaan botol plastik yang lebih ramah lingkungan dengan tersedianya pasokan bahan baku yang memadai.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya