SOLOPOS.COM - Ilustrasi (pedulisehati.com)

Dana desa di Sleman naik.

Harianjogja.com, SLEMAN— Dana desa (DD) untuk Kabupaten Sleman akan naik sebanyak Rp3 miliar pada 2018 mendatang. Dengan kenakan itu, nilai DD yang akan dibagikan untuk 86 desa di Sleman mencapai Rp83,7 miliar.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Bidang (Kabid) Administrasi Keuangan dan Aset Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sleman, Alkhalik mengaku mendengar kabar tersebut dari Kementerian Keuangan. Dengan kenaikan alokasi DD tersebut, maka 86 pemdes nantinya rata-rata akan menerima anggaran sebesar Rp1 miliar untuk satu tahun anggaran. “Itu info yang saya dapat kemarin,” katanya kepada Harianjogja.com, Selasa (28/11/2017).

Terkait dengan rencana pencairan dana tersebut, Alkhalik mengaku belum mendapat kepastian. Pasalnya hal itu masih menunggu diterbitkannya peraturan menteri keuangan (PMK) yang baru. Biasanya, kata Khalik, pencairan dana desa tahap I dilakukan pada April. “Sepertinya bulan pencairan masih sama. Kami masih menunggu PMK terbaru sebab belum bisa terkonfirmasi,” jelasnya.

Meski begitu, ia memastikan, pencairan itu baru bisa dilakukan jika seluruh desa menyelesaikan laporan penggunaan DD tahap II 2017.  Oleh karena itu dia meminta agar masing-masing pemdes untuk menyiapkan laporan penggunaan dana desa tahap kedua sesuai aturan yang berlaku.

Kepala Desa Pandowoharjo Sleman Catur Sarjumiharta berharap, pencairan dana desa itu bisa dilakukan setahun sekali. Hal itu bertujuan agar desa dapat leluasa dan lebih cepat merealisasikan program pembangunan di desa. “Kalau setahun sekali dicairkan, maka capaian program desa bisa lebih optimal,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya