SOLOPOS.COM - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto didampingi Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman hadir bersama dalam rapat kerja (raker) dengan Komisi I DPR pada Senin (26/9/2022). (Antara)

Solopos.com, JAKARTA — Setelah dikabarkan kurang harmonis, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan anak buahnya, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman hadir bersama dalam rapat kerja (raker) dengan Komisi I DPR pada Senin (26/9/2022).

Andika Perkasa dan Dudung duduk di antara Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Anggota Komisi I DPR Muhammad Farhan mengatakan Panglima TNI terlihat akrab dengan KSAD selama rapat kerja.

Farhan menilai selama rapat tak ada indikasi bahwa hubungan antara Andika dan Dudung sedang tak harmonis. Bahkan Andika dan Dudung sempat bersalam-salaman.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Jenderal Dudung Akui Beda Pendapat dengan Panglima TNI tapi Bukan Tidak Akur

“Sepertinya baik-baik saja ya [hubungan Andika dengan Dudung]. I feels it good. Tanya fotografer coba, tadi mereka yang foto-foto, salaman-salaman gitu, sampe saya ketabrak,” jelas Farhan kepada awak media di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senin (26/9/2022).

Saat rapat dimulai, terlihat Andika dan Dudung duduk bersama di deretan satu meja, dipisahkan oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Andika duduk di samping kanan Prabowo sedangkan Dudung duduk di samping kirinya.

Baca Juga: Segera Pensiun, Ini Profil Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa

Menurut Farhan, memang sudah menjadi tradisi posisi duduk antara Panglima TNI dan Staf Khusunya memang dipisah oleh Menhan.

Oleh sebab itu, dia tak sependapat jika mereka posisi duduk tersebut menandakan bahwa hubungan antara Dudung dan Andika sedang tak baik.

“Kondisi duduk dari dulu selalu diatur. Menteri pertahanan di tengah, di sebelah kanannya pasti Panglima TNI, di sebelah kiri nya adalah staf khusus, selalu begitu,” ujar Farhan.

Baca Juga: Anak Dudung Ditolak Masuk Akmil Picu Ketidakharmonisan Panglima TNI-KSAD

Dari pantauan Bisnis di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Menhan Prabowo datang didampingi oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman sekitar pukul 9.45 WIB.

Sedangkan, Panglima TNI Andika datang belakangan sekitar pukul 10.00 WIB.

Sebagai informasi, kabar tak harmonisnya hubungan Andika dan Dudung sempat mendapat sorotan Komisi I DPR.

Baca Juga: Tak Akur, Panglima TNI Tak Dilapori KSAD Soal Kematian Anggota Kopassus

Menurut anggota Komisi I fraksi PDIP Effendi Simbolon, isu keretakan itu dapat dilihat dari ketidakhadiran Dudung untuk mendampingi Andika pada sejumlah rapat di DPR.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Keakraban Panglima TNI Andika Perkasa dan KSAD Dudung Abdurachman di DPR”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya