SOLOPOS.COM - Skuad PSIK Klaten bakal menjalani laga perdana dengan Persebi Boyolali, Minggu (25/9/2022). (Istimewa/Diskominfo Klaten)

Solopos.com, KLATEN — Laga PSIK Klaten dengan Persebi Boyolali pada lanjutan Liga 3 zona Jawa Tengah 2022 ditunda sebagai imbas tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang. Selain penundaan jadwal pertandingan Liga 3, Asosiasi Kabupaten (Askab) PSSI Klaten meminta laga antarkampung (Tarkam) di Klaten juga ditunda sepekan.

Hal itu disampaikan Ketua Askab PSSI Klaten, Jajang Prihono, saat ditemui wartawan di Sekretariat Daerah (Setda) Klaten, Senin (3/10/2022). Penundaan laga PSIK Klaten Vs Persebi Boyolali yang sedianya digelar di Stadion Trikoyo Klaten, Rabu (5/10/2022), menindaklanjuti surat dari Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Jawa Tengah (Jateng).

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Soal jadwal baru pelaksanaan pertandingan Liga 3, Askab PSSI Klaten menunggu informasi dari Asprov PSSI. Penundaan laga Liga 3 itu terhitung mulai Senin (3/10/2022).

“Kemarin sudah muncul surat dari Asprov PSSI Jateng untuk Liga 3 sementara ditunda sepekan ini. Mudah-mudahan hanya sepekan,” kata Jajang.

Selain penundaan laga PSIK Klaten vs Persebi Boyolali, Jajang meminta seluruh laga tarkam di bawah pembinaan PSSI Klaten ikut ditunda selama sepekan. Askab PSSI Klaten segera membikin surat yang ditujukan ke klub sepak bola di Klaten agar pertandingan Tarkam ditunda selama sepekan.

Baca Juga: Full Time, PSIK Klaten Gebuk AT Farmasi Solo 3-0

Jajang mengatakan penundaan laga Tarkam di Klaten sebagai bentuk empati atas tragedi di Stadion Kanjuruhan Malang.

“Apapun itu namanya sepak bola secara psikis berpengaruh ke wilayah lain. Saya juga meyakini dengan kondisi saat ini dan mempertimbangkan keamanan, penyelenggaraan laga sepak bola di berbagai tingkatan belum diperbolehkan,” ungkap dia.

Terkait PSIK Klaten, Jajang mengatakan meski ada penundaan laga, para penggawa tim berjuluk Harimau Merapi itu tetap berlatih. Jajang mengakui penundaan itu berdampak signifikan hingga manajemen kembali melakukan pengaturan terkait mes, pengeluaran, dan lain-lain.

Manajer PSIK Klaten, Sri Purwanto, membenarkan seluruh jadwal pertandingan Liga 3 ditunda sementara, termasuk laga PSIK Klaten dengan Persebi Boyolali pada Rabu ini.

Baca Juga: Daftar 25 Pemain PSIK Klaten di Liga 3

“Soal jadwal selanjutnya, kami akan mengikuti aturan dari Asprov PSSI,” ungkap dia.

Purwanto mengatakan persiapan menjelang laga kandang dengan Persebi Boyolali sebenarnya sudah dipersiapkan. Sebagian tiket sudah terjual termasuk jatah tiket untuk suporter.

“Untuk suporter kemarin kami berikan kuota 1.000 tiket. Tetapi belum tahu berapa banyak yang terjual. Kalau pun sudah ada yang terlanjur beli, tiket itu bisa digunakan menyaksikan pertandingan setelah ada jadwal resmi lagi,” kata Purwanto.

Purwanto juga memastikan para pemain tetap berlatih meski jadwal laga dengan Persebi ditunda. Saat ini, PSIK Klaten berada di peringkat kedua setelah Persebi Boyolali pada grup J Liga 3 zona Jateng.

Baca Juga: PSIK Klaten Bertekad Bangkit dan Raih Poin Penuh di Laga Kandang

Purwanto ikut menyampaikan duka cita atas tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan Malang. Tragedi itu menjadi evaluasi bersama termasuk pada penyelenggaraan Liga 3.

“Tragedi itu juga menjadi evaluasi bagi kami pada event Liga 3 dari sisi kapasitas dan keamanan. Sisi kapasitas penonton tidak akan diizinkan sampai penuh. Dari kapasitas 5.000 penonton, maksimal 3.000 penonton,” jelas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya