SOLOPOS.COM - Sejumlah pesawat diselimuti abu vulkanik di Bandara Adi Sumarmo, Ngemplak, Boyolali, Jumat (14/2). Akibat tebalnya hujan abu vulkanik letusan Gunung Kelud sejumlah penerbangan Solo-Jakarta dan sebaliknya dibatalkan. (Burhan AN/JIBI.Solopos)

Solopos.com, SOLO — Bandara Adi Soemarmo Solo bakal beroperasi Senin (17/2/2014) lusa. Penutupan selama tiga hari sebagai dampak letusan Gunung Kelud.

Pantauan Solopos.com, Kapus Meteorologi Penerbangan dan Maritim BMKG, Syamsul Huda saat diwawancara live TV One, Sabtu (15/2/2014) siang  mengatakan kondisi cuaca khususnya jarak pandang untuk penerbangan saat ini sudah lebih dari 5.000 meter, sehingga aman untuk penerbangan. Hal ini dikarenakan  sudah tidak ada lagi debu vulkanik di jalur penerbangan dari erupsi Kelud.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Sesuai info yang kami terima, Juanda Surabaya dibuka siang ini. Adi Soemarmo dan Adi Sucipto Jogja dibuka Senin dan Selasa.”

Kendati secara jalur penerbangan udara aman, namun untuk Solo dan Jogja masih dilakukan pembersihan landasan penerbangan sehingga bandara ini baru bisa beroperasi Senin.

Sementara lima bandara lainnya sudah beroperasi.

Berdasarkan data TV One, di Juanda Surabaya  332 penerbangan dibatalkan, Bandara Adi Soemarmo Solo 28 penerbangan batal, Adi Sucipto Jogja ada 110 penerbangan, Bandara A Yani ada 76 penerbangan, Tunggul Wulung ada penundaan penerbangan, Abudrahman Saleh 16 penerbangan batal, Husein Sasranegara Bandung ada 24 penerbangan batal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya