SOLOPOS.COM - Ilustrasi penderita flu (youngandraw)

Dampak el nino terhadap kesehatan bisa ditangkis oleh warga di Kulonprogo

Harianjogja.com, KULONPROGO- Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kulonprogo, Bambang Haryatno menyatakan bahwa tak ada ancaman serius mengenai penyakit yang muncul karena pengaruh El Nino.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Tak ada yang serius kecuali DBD yang memang rutin,” ujar Bambang saat dihubungi Harian Jogja pada Selasa (19/1/2015). Ini dinyatakan berdasarkan pantauan Dinkes Kulonprogo selama beberapa waktu belakangan.

Ekspedisi Mudik 2024

Pemerintah Kabupaten (pemkab) Kulonprogo bahkan menyebutkan bahwa masyarakat hanya dihadapkan pada ancaman penyakit demam berdarah (DBD) yang rutin terjadi di awal tahun. Bambang juga menyebutkan bahwa ancaman penyakit yang muncul bisa ditangkis dengan meningkatkan kebersihan lingkungan. Mengenai berbagai penyakit ringan yang mungkin muncul, Bambang hanya menyarankan masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan diri.

Dinkes Kulonprogo sendiri saat ini sedang fokus memberantas DBD dengan menggalakan kembali program pemberantasan sarang nyamuk (PSN). Cakupan program ini kini ditingkatkan hingga ke kalangan anak sekolah selain masyarakat umum.

“Jika dari usia sekolah kita tanamkan, ancaman penyakit jangka panjang bisa kota tekan,” ujar Bambang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya