SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Madiunpos.com, NGAWI — Seorang dalang bernama Rahmad Santoso meninggal dunia saat sedang menggelar pertunjukan di Dusun Gedoro, Desa Cepoko, Kecamatan Ngrambe, Kabupaten Ngawi, Sabtu (27/10/2018) malam. Ki dalang Rahmad Santoso meninggal saat sedang memainkan lakon wayang kulit.

Dalam video yang diunggah akun Facebook bernama Agus pada Minggu (28/10/2018) sekitar pukul 16.00 WIB itu memperlihatkan bagaimana sang dalang tampil hingga detik-detik meninggal dunianya. Di video berdurasi 4 menit 21 detik itu memperlihatkan dalang Rahmad menampilkan pertunjukkan wayang kulit seperti biasa.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dengan membawakan sebuah cerita, dalang Rahmad bercerita dan tangannya menggerak-gerakkan wayang kulit. Pada menit ke-2, dalam video itu jelas memperlihatkan bagaimana sang dalang seperti kesadarannya menurun hingga kemudian badannya jatuh ke depan. Terdengar suara mengerang karena mikrofon terpasang di tubuh pria itu.

Sebelum detik-detik meninggal dunia itu, Ki Rahmad sempat mengatakan seperti ucapan-ucapan perpisahan. Ki Rahmad juga sempat mengucapkan meminta maaf, namun tidak jelas ucapan maaf itu untuk siapa.

Jagad niki pun kulo ubengi. Jagad ini pun kulo ubengi. Nyuwun pangapunten sak derengipun,” ucap Ki Rahmad sesaat sebelum akhirnya meninggal dunia.

Dalam unggahannya, pengguna akun bernama Agus itu menjelaskan bahwa Ki Rahmad ini merupakan dalang asal Desa Tambakboyo, Kecamatan Mantingan, Kabupaten Ngawi. Agus juga mengucapkan turut berbela sungkawa atas meninggalnya dalang tersebut.

Telah meninggal dunia ki dalang Rahmad Santoso, dari tambak boyo mantingan, ngawi. Saat pentas tadi malam sabtu 27 oktober 2018 lokasi pentas di dusun gedoro, cepoko, ngrambe, ngawi, jawa timur. Semoga alm husnul khotimah…,” tulis dia dalam unggahannya.

Dalam waktu sekitar empat jam, unggahan ini telah dibagikan 450 kali dan mendapatkan puluhan komentar dari para netizen.

Para netizen pun mengucapkan bela sungkawa atas meninggalnya dalang asal Ngawi itu.
Inalilahi wainailaihi rojiun semoga d trima amal baiknya di ampuni sgla dosanya kluarga d beri ksabaran,” tulis pengguna akun Renna Ai Huda Ajha.
Sebagian netizen juga menerka-nerka apa yang menyebabkan sanga dalang meninggal dunia. Seperti pengguna akun Abizard Raffasyya Wibisana yang menerka bahwa Ki Rahmad memiliki penyakit jantung.
Inalillahi wainailaihi roijun….beliau kayaknya punya jantung tu…tp di tahan bgtu lah…,” tulis Abizard Raffasya Wibisana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya