SOLOPOS.COM - Ilustrasi mata. (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Kemunculan sosok Dajjal dalam pengertian ajaran Islam diyakini sebagai salah satu tanda kiamat. Namun tahukah Anda siapa sebenarnya sosok Dajjal?

Dajjal kerap kali digambarkan hanya memiliki satu mata. Satu mata Dajjal itu kerap diimajinasikan berada di tengah keningnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Namun, Dajjal sebenarnya tidak bermata satu. Dikutip dari laman resmi Nahdlatul Ulama, Nu.or.id, Selasa (22/3/2022), sosok Dajjal sebenarnya memiliki dua mata, namun buta sebelah.

Baca Juga: Sejarah Pulau “Dajjal” Socotra yang Jarang Diketahui

Dalam salah satu hadis riwayat Abu Dawud, Nabi Muhammad SAW menjelaskan bahwa Dajjal—secara fisik-merupakan pria pendek, berambut keriting, dan matanya buta sebelah. Dia akan mengaku sebagai Tuhan sehingga membingungkan umat manusia.

Nabi Muhammad SAW juga menjelaskan Dajjal sebenarnya akan memiliki tanda berupa tulisan kafir di antara kedua bola matanya. Semua orang yang beriman bisa membaca kata di keing Dajjal itu.

Oleh karena itu, Nabi Muhammad SAW memerintahkan umatnya yang menjumpai Dajjal agar meludahi wajahnya dan membacakan awal-awal Surat Al-Kahfi.

Baca Juga: Doa Terhindar dari Fitnah Dunia Menurut Islam

Dajjal dikisahkan akan mempengaruhi umat manusia untuk tunduk kepadanya dengan tipu daya nikmat duniawi. Sebaliknya, orang yang tidak mau tunduk kepadanya akan dikutuk dan mendapatkan kesengsaraan duniawi.

Nabi Muhammad SAW mengingatkan agar umat Islam tetap memegang teguh keimanan dan keislaman. Rasulullah menegaskan surganya Dajjal adalah nerakanya Allah dan nerakanya Dajjal adalah surganya Allah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya