SOLOPOS.COM - Daihatsu Xenia. (Instagram @Daihatsuind)

Solopos.com, JAKARTA -- PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menyumbangkan mobil Daihatsu Xenia kepada Teknik Mesin Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada (UGM), Jogja. Mobil tersebut akan dimodifikasi menjadi mobil siaga Covid-19.

Donasi mobil ini seiring meningkatnya kesadaran bersama memerangi pandemi Covid-19. Seluruh pihak terlibat mulai dari pemerintah, masyarakat, tenaga medis, hingga perguruan tinggi.

Promosi Usaha Endog Lewo Garut Sukses Dongkrak Produksi Berkat BRI KlasterkuHidupku

Inisiatif memerangi pandemi Covid-19 salah satunya dilakukan Teknik Mesin Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada (UGM), Jogja. UGM kemudian mengajak Daihatsu untuk pengadaan mobil siaga Covid-19.

Bagaimana Kabar THR Buruh di Solo? Ini Kata Pengusaha

Mobil itu adalah kendaraan keliling untuk membantu tenaga medis memeriksa kesehatan masyarakat yang membutuhkan RTPCR (Reverse Transcription Polymerase Chain Reaction) atau lebih dikenal dengan istilah swab test.

Daihatsu merespons positif inisiatif UGM itu dengan mendonasikan mobil Daihatsu Xenia. Mobil tersebut akan dimodifikasi oleh UGM menjadi mobil Siaga Covid-19.

“Daihatsu selalu mendukung segala upaya untuk memerangi pandemi Covid-19. Kami berharap donasi mobil ini dapat memberi hasil positif untuk pencegahan dan penanganan Covid-19 di area Jogja,” ujar General Affairs Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Haryanto Nurya Hadiwijaya, dalam rilis yang diterima Solopos.com, Selasa (12/5/2020).

Di Tengah Pandemi Covid-19, Real Madrid Latihan Bareng Lagi

Donasi berupa mobil Daihatsu Xenia ini merupakan komitmen Daihatsu dalam mendukung upaya pemerintah dan masyarakat memerangi Covid-19. Hal ini sejalan dengan salah satu pilar corporate social responsibility (CSR), yaitu Sehat Bersama Daihatsu.

Melindungi Tenaga Medis

Sesuai namanya, mobil Siaga Covid-19 berfungsi sebagai kendaraan swab test keliling. Mobil ini akan membantu masyarakat yang membutuhkan pengecekan swab test dengan tetap menjaga keamanan dan keselamatan tenaga medis sebagai garda terdepan.

Halo Nasabah Bank, Ini 4 Syarat Bisa Dapat Keringanan Kredit

Saat pengambilan sampel, tenaga medis akan tetap berada di dalam mobil dan pasien di sisi luar mobil. Sehingga, selain tenaga medis lebih aman dan terlindungi, juga dapat menghemat penggunaan alat pelindung diri (APD).

Modifikasi mobil Daihatsu Xenia ini juga dilengkapi dengan storage logistik alat swab test, alat pengukur suhu tubuh otomatis, mic, dan speaker untuk sarana komunikasi dengan pasien. Selain itu, mobil dilengkapi perangkat komputer untuk melaporkan hasil swab test secara real time.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya