SOLOPOS.COM - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memaksimalkan utilisasi Terminal Kendaraan Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat. (Istimewa)

Solopos.com, SUBANG – Sebagai salah satu produsen otomotif dengan kapasitas terbesar di Indonesia, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) turut berpartisipasi mendukung pemerintah dalam meningkatkan devisa negara melalui kegiatan ekspor otomotif dengan memaksimalkan utilisasi Terminal Kendaraan Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat.

Berdasarkan rilis yang diterima Solopos.com, Kamis (10/3/2002), pada agenda kunjungan kerja dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi; Sekretaris Kabinet Pramono Anung; Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji; dan Bupati Subang Ruhimat pada 8 Maret 2022 di pelabuhan Patimban.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Sebelumnya direncanakan tahun ini bisa ekspor dari sini kurang lebih 160.000. Melihat progress tiga bulan ini kelihatannya bisa naik menjadi 180.000 mobil untuk ekspor ke Filipina, Brunei Darussalam, Jepang dan juga Vietnam ini saya kira awal. Nanti akan dikembangkan ke negara-negara yang lain sehingga 1 bulan kurang lebih dari sini akan bisa diekspor 15.000 mobil [per-bulan] dan ini akan sangat bagus,” ujar Presiden lewat siaran Youtube Sekretariat Presiden.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Daihatsu Sharing Teknologi All New Xenia ke Guru SMK Jawa Timur

Daihatsu sebagai bagian dari Toyota Group, telah mengekspor kendaraan selain untuk brand Daihatsu sendiri, ADM juga juga memproduksi dan mengekspor untuk brand Toyota seperti Rush, Avanza, Wigo, Raize, dan Town/Lite Ace; serta brand Mazda dengan model Bongo.

Berdasarkan data Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia), pada Januari 2022, ekspor kendaraan roda empat CBU (Completely Built Up), produksi ADM berkontribusi sebesar sekitar 49% dari total ekspor nasional kendaraan roda empat CBU yang mencapai sekitar 24.000 unit.

Baca Juga: Kamu Bisa Dapat Mobil Daihatsu Rocky Seharga Rp120.000, Kok Bisa?

Sebagaimana diketahui, produk ADM diekspor hingga ke 75 negara di dunia, mulai dari ASEAN, Asia Selatan, Asia Timur, Timur Tengah, Afrika, hingga Amerika Latin, yang membuktikan produksi ADM memiliki standar kualitas global, dan telah dipercaya pelanggan hingga ke mancanegara.

“ADM turut berpartisipasi dalam usaha kegiatan ekspor kendaraan melalui pelabuhan Patimban untuk mendukung peningkatan industri otomotif nasional, sekaligus pendapatan devisa negara,” ujar Johan, Export Import Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya