SOLOPOS.COM - Jejeran unit produksi PT ADM di Fasilitas Vehicle Logistic Center Sunter. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA — PT Astra Daihatsu Motor (ADM) berpartisipasi pada acara penyerahan pengelolaan (hand over) Terminal Kendaraan Pelabuhan Patimban dan Ekspor Perdana Kendaraan di pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat. Pelabuhan Patimban yang dibangun oleh konsorsium Jepang, dan Indonesia ini resmi diserahkan pengelolaannya yang sebelumnya dari pemerintah ke pada Swasta.

“Lewat dukungan dari swasta nasional, dan Jepang, hal ini dapat meningkatkan indeks logistik nasional. Kolaborasi pelabuhan Patimban dan Tanjung Priok dapat menjadi salah satu basis ekspor kendaraan dalam meningkatkan industri otomotif nasional,” ujar Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, dalam rilis PT Astra Daihatsu Motor, Senin (20/12/2021).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Acara peresmian Pelabuhan Patimban langsung melakukan kegiatan ekspor pertamanya dengan mengekspor lebih dari 1.200 unit kendaraan ke Filipina, di antaranya beberapa model yang diproduksi oleh ADM untuk brand Toyota seperti Rush, Avanza, Wigo, dan Raize.

Baca Juga : Ada Diskon Spare Part hingga 90% di Bazar Online Daihatsu

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), hingga November 2021, ekspor kendaraan roda empat completely built up, ADM merupakan penyumbang terbesar dengan volume sebanyak lebih dari 108.000 unit, atau berkontribusi sebesar 40,6% dari total ekspor nasional kendaraan roda empat CBU yang mencapai 267.224 unit.

“Partisipasi ini merupakan bentuk dukungan dan peluang bagi Daihatsu untuk mendukung kegiatan ekspor secara maksimal di pelabuhan Patimban dalam meningkatkan industri otomotif nasional, sekaligus devisa Negara,” ujar Export Import Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Johan.

Produk ADM diekspor hingga ke-75 negara di dunia, mulai dari ASEAN, Asia Selatan, Asia Timur, Timur Tengah, Afrika, hingga Amerika Latin. Ini membuktikan produksi ADM memiliki standar kualitas global, dan telah di percaya pelanggan hingga ke mancanegara. Selain untuk brand Daihatsu juga memproduksi dan mengekspor untuk brand Toyota, seperti model Town/Lite Ace, Avanza, Rush, Raize, Wigo dan Mazda untuk model Bongo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya