Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Daftar Taman Populer di Kota Solo, Ada yang Usianya Lebih dari 100 Tahun

Daftar taman di Kota Solo yang cukup populer dan banyak dikunjungi warga dari yang belum lama dibangun hingga yang berusia lebih dari 100 tahun.
SHARE
Daftar Taman Populer di Kota Solo, Ada yang Usianya Lebih dari 100 Tahun
SOLOPOS.COM - Pemandangan dua gunung Merapi dan Merbabu terlihat dari Taman Bendung Karet Tirtonadi, Solo, Senin (14/2/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Pemkot Solo berupaya menambah terus daftar jumlah taman di berbagai sudut kota. Hal itu untuk memenuhi amanat UU No 26/2007 tentang Penataan Ruang.

Dalam UU itu, pemerintah kota diberi amanat menyediakan ruang terbuka hijau dengan proporsi paling sedikit 30 persen dari luas wilayah. Di Kota Solo 30% RTH dari total luas wilayah itu dibagi menjadi 20% RTH publik dan 10% RTH privat.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Selain fungsi estetika atau keindahan kota, taman atau ruang terbuka hijau juga berfungsi sebagai sarana rekreasi, daerah resapan air, dan penyediaan udara bersih (paru-paru kota).

Sayangnya tak sedikit warga yang menyalahgunakan taman yang masuk daftar populer di Kota Solo itu untuk kegiatan-kegiatan yang tidak bermanfaat dan mengganggu kenyamanan.

Seperti untuk nongkrong dan mabuk-mabukan, merokok, berjudi, bahkan ada yang memanfaatkan ketenangan dan kerimbunan taman untuk melakukan perbuatan mesum.

Baca Juga: Ruang Terbuka Hijau Baru 12,45% Luas Wilayah, Solo Masih Butuh Banyak Taman

Pemkot Solo berupaya mengurangi kegiatan-kegiatan negatif itu dengan membatasi jam buka taman. Hal itu juga sekaligus mencegah keramaian yang kerap dijumpai di taman hingga dini hari.

Solopos.com menghimpun daftar taman Kota Solo yang cukup populer dan kerap dikunjungi warga di berbagai kesempatan. Salah satu taman tersebut sudah berusia lebih dari 100 tahun.

1. Taman Balekambang

taman balekambang solo daftar
Warga duduk santai di panggung terbuka Taman Balekambang, Solo, Jumat (22/7/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Taman Balekambang sudah lama menjadi jujugan warga yang ingin berekreasi bersama keluarga. Taman yang terletak di wilayah Kelurahan Manahan, Banjarsari, Solo, merupakan taman bersejarah peninggalan Mangkunagoro VII.

Diresmikan pada 26 Oktober 1921 atau berusia lebih dari 100 tahun, Taman Balekambang saat ini tengah direvitalisasi besar-besaran yan diperkirakan berlangsung hingga akhir tahun depan.

Baca Juga: Dirombak Jadi Mewah, Taman Balekambang Solo Ditutup sampai Desember 2023

2. Taman Monjari

Taman Monumen 45 Banjarsari atau Monjari juga masuk daftar taman bersejarah di Kota Solo. Dikutip dari laman resmi Pemkot Solo, taman ini dibangun oleh Pemkot Solo pada 31 Oktober 1973 untuk menngenang perjuangan rakyat Solo dalam peristiwa Serangan Umum Empat Hari, 7-10 Agustus 1949.

Kini Taman Monjari menjadi taman layak anak dan kerap dimanfaatkan oleh pelajar untuk aktivitas di luar kelas seperti olahraga, bermain, dan belajar bersama, atau sekadar bersantai bersama keluarga dan kerabat.

3. Taman Jayawijaya

Taman di wilayah Mojosongo, Jebres, Solo, tergolong baru karena baru diresmikan oleh Wali Kota FX Hadi Rudyatmo pada 22 Desember 2017. Taman ini menjadi jujugan rekreasi warga wilayah Solo utara.

Fasilitas di taman ini ramah bagi anak-anak. Tersedia juga fasilitas untuk jogging dengan jalan yang dibuat berkelok-kelok. Pengunjung juga bisa jalan-jalan naik becak hias, bendi atau sepur kelinci. Jika lapar, pengunjung bisa jajal ke penjual makanan yang berada di luar taman.

Baca Juga: Sudah Pernah ke Taman Lansia Solo? Kira-kira Bisa Ngapain Aja Ya…

4. Taman Lansia Jebres

taman lansia jabres daftar solo
Taman Lansia di Kecamatan Jebres, Kota Solo.

Daftar berikutnya untuk taman yang banyak dikunjungi warga adalah Taman Lansia Soekarno-Hatta berlokasi di Jl Antariksa, Jebres, tidak jauh dari Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Solo. Meski namanya Taman Lansia, taman ini boleh digunakan siapa saja termasuk anak-anak karena terdapat tempat bermain anak di sana.

Laman resmi Pemkot Solo menyebut fasilitas khusus di taman ini untuk lansia adalah lintasan refleksi berupa batu-batu kecil yang ditata sedemikian rupa di lantai yang bisa untuk refleksi kaki dengan menginjak-injaknya. Fasilitas ini meskipun sederhana namun disukai para lansia.

5. Taman Sunan Jogo Kali

Taman Sunan Jogo Kali berada di tepi Sungai Bengawan Solo wilayah Kelurahan Pucangsawit, Jebres, Solo. Lokasinya tak jauh dari kediaman pribadi mantan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo.

Bahkan, Rudy, sapaan akrabnya, turut andil dalam pengembangan taman tersebut. Kini Taman Sunan Jogo Kali menjadi salah satu jujugan rekreasi warga wilayah Solo timur. Tersedia berbagai fasilitas seperti panggung hiburan, food court, arena bermain anak, tempat makan di tepi sungai dan perahu wisata.

Baca Juga: Begini Indahnya Taman Bendung Karet Tirtonadi Solo Berlatar 2 Gunung

6. Taman Bendung Tirtonadi

Taman di seberang Terminal Tirtonadi Solo ini diresmikan pada 2019 sebagai bagian penataan kawasan setempat dari proyek pembangunan Bendung Karet Tirtonadi. Kawasan yang dulunya kumuh disulap menjadi taman indah dengan pemandangan sungai dan jembatan yang unik.

Saat matahari terbenam atau pagi saat kabut masih tebal, suasana di taman itu mirip taman-taman pinggir sungai di Eropa. Taman ini bertambah daya tariknya setelah dibangun frame foto raksasa di mana pengunjung bisa mengambil foto atau selfie yang Instagramable.

7. Taman Sekartaji Jebres

Taman yang terletak tepi Kali Anyar tak jauh dari RS dr Oen Kandang Sapi ini diresmikan pada 2009 oleh Wali Koat Solo saat itu, Joko Widodo (Jokowi), yang sekarang menjabat Presiden Indonesia.

Laman resmi Pemkot Solo menyebut taman ini dibangun dengan tujuan agar masyarakat semakin peduli dengan lingkungan. Pengunjung dapat memanfaatkan Taman Sekartaji untuk bermain, ngobrol, santai sore, maupun olahraga di pagi hari.




Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode