top ear
Ilustrasi situs Peta untuk memantau sebaran virus corona. (Istimewa)
  • SOLOPOS.COM
    Ilustrasi situs Peta untuk memantau sebaran virus corona. (Istimewa)

Daftar Situs Peta Sebaran Virus Corona Soloraya, Indonesia, hingga Dunia

Sejumlah pihak yang terkonfirmasi membuat layanan situs peta sebaran corona diantaranya adalah Google dan Johns Hopkins University.
Diterbitkan Minggu, 5/04/2020 - 20:34 WIB
oleh Solopos.com/Jafar Sodiq Assegaf
3 menit baca

Solopos.com, SOLO – Persebaran virus corona yang kian masif membuat banyak pihak berupaya menyediakan layanan informasi yang jelas termasuk membuat situs peta digital. Hal ini untuk membuat masyarakat waspada dan mendapat gambaran yang utuh tentan tren persebaran Covid-19.

KLB Corona Solo Belum Dicabut, Rudy Imbau Warga Pakai Masker Saat Keluar Rumah

Sejumlah pihak yang terkonfirmasi membuat layanan ini diantaranya adalah Google dan Johns Hopkins University. Selain itu, sejumlah negara telah mempersiapka platform khusus agar masyarakat mendapat informasi peta sebaran virus corona Covid-19.

Hasil Tes Swab Negatif, Bayi Positif Corona Asal Wates Sembuh

Solopos.com juga menyediakan peta digital yang diupdate secara realtime sesuai dengan kasus-kasus Covid-19 yang telah terkonfirmasi resmi. Bahkan, disertakan pula pihak-pihak yang berstatus ODP dan PDP.

Misteri Penemuan Jasad Bayi di Selokan Tawangmangu, Orang Tuanya Diminta Serahkan Diri

Dihimpun Solopos.com berikut daftar situs yang dapat diakses melalui browser di perangkat mobile atau melalui PC untuk memantau peta sebaran virus corona Covid-19;

Solopos

Solopos.com menyediakan peta realtime sebaran virus corona mulai dari Soloraya hingga seluruh Provinsi di Indonesia. Data yang tercantum di https://www.solopos.com/peta-virus-corona termasuk sebaran ODP hingga PDP.

ODP adalah orang dalam pantauan. ODP adalah orang dengan gejala demam (>38°C) atau ada riwayat demam atau ISPA Tanpa Pneumonia. ODP memiliki riwayat perjalanan ke Negara yang terjangkit pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala.

PDP atau Pasien dalam Pengawasan adalah orang yang mengalami gejala demam (>38°C) atau riwayat demam, ISPA dan Pneumonia ringan hingga berat. PDP memiliki riwayat perjalanan ke Negara terjangkit atau kontak dengan orang yang terkonfirmasi positif COVID-19 dalam 14 hari terakhir.

Google

Google mengungkap peta sebaran virus corona melalui situs google.com/covid19-map/. Dengan mengakses situs ini, Anda akan dapat melihat peta penyebaran, statistik jumlah yang terinfeksi corona di seluruh dunia dan rincian jumlah kasus yang terkonfirmasi berdasarkan negara.

Johns Hopkins University

Salah satu situs live map yang direkomendasikan terkait update virus korona ialah situs yang disediakan oleh Johns Hopkins University. Anda bisa mengaksesnya melalui link ini https://coronavirus.jhu.edu/map.html.

Dasbor menampilkan jumlah total kasus yang dikonfirmasi, kematian, dan pemulihan di seluruh dunia, dengan data juga dibagi berdasarkan negara atau wilayah. Tampilan peta dapat disesuaikan, dengan 16 opsi termasuk kartografi, topografi, dan peta jalan.

Jawa Tengah

Anda bisa mengakses situs https://corona.jatengprov.go.id/ untuk bisa melihat penyebaran virus corona di wilayah Jawa Tengah. Selain menampilkan peta kabupaten/kota, situs tersebut juga menampilkan peta rumah sakit.

Peta Online Virus Corona Buatan UI

Tim Ahli dan peneliti Universitas Indonesia mengembangkan sebuah Portal WebGIS (peta dalam jaringan). Melalui akun Instagram ‘univ_indonesia’, peta ini diciptakan guna pemerintah memetakan sebaran virus COVID-19.

Portal WebGIS ini memetakan penduduk yang terinfeksi COVID-19, menunjukkan persebaran lokasi pasien yang positif terinfeksi COVID-19. Selain itu, peta juga membantu pemerintah dalam memetakan daerah yang rawan kasus infeksi baru.

Portal WebGIS dapat diakses mudah melalui komputer atau smartphone. Peta sebaran tersebut dapat diakses melalui laman https://qgiscloud.com/ardiansyah18/CORONA_INA_19032020/.


Editor : Profile Jafar Sodiq Assegaf
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com

berita terkait

berita terpopuler

Iklan Baris

Properti Solo & Jogja

berita terkini