SOLOPOS.COM - Tampilan website mypertamina. (mypertamina.id)

Solopos.com, SOLO — Pemerintah berencana mengatur pembelian bahan bakar minyak (BBM) Pertalite dan Solar melalui aplikasi MyPertamina.

Kebijakan ini ditempuh agar subsidi yang dianggarkan dalam APBN untuk dua BBM tersebut bisa tepat sasaran.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Karena saat ini ketika subsidi terbuka untuk Pertalita dan Solar, pemilik kendaraan yang tidak berhak malah ikut menikmati.

Mengenai acuan kriteria penerima itu nantinya diidentifikasi melalui masing-masing pelat nomor kendaraan yang sebelumnya mesti terdaftar pada aplikasi MyPertamina.

Dikabarkan pemerintah juga sedang merevisi Peraturan Presiden (Perpres) No. 191/2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak (BBM).

Baca juga: Serba Serbi Mobil Genesis G80, Dari Harga Hingga Spesifikasi

Revisi Perpres itu akan memuat petunjuk teknis mengenai kriteria konsumen dan sistem verifikasi untuk dapat mengakses dua BBM bersubsidi tersebut.

Sebelum benar-benar diterapkan pembelian Pertalite melalui aplikasi MyPertamina, ada baiknya Anda mendaftar di aplikasi tersebut.

Langkahnya unduh MyPertamina di Google Playstore dan App Store, kemudian instal aplikasi. Lalu buka aplikasi MyPertamina dan muncul laman setup dan klik ‘Lanjutkan’.

Pilih ‘mulai’ dan isi nomor telepon dan PIN 6 digit. Jika sudah klik ‘Daftar’. Di laman registrasi isi Nama Lengkap, Nomor Telepon, PIN 6 Digit dan ketik ulang PIN 6 digit dan klik ‘Daftar’.

Baca juga: Pertamina: Dapat Pertalite, Nopol Harus Terdaftar di MyPertamina

MyPertamina akan mengirimkan kode SMS OTP ke nomor telepon yang sudah didaftarkan. Masukkan kode OTP lalu klik ‘Verifikasi’. Apabila verifikasi berhasil, tekan ‘Ok’ dan kamu akan otomatis akan login ke aplikasi MyPertamina.

Jika ada perintah izin perangkat untuk mengakses lokasi, mengambil gambar dan mengakses foto, media dan file maka pilih ‘Izinkan’.

Hubungkan MyPertamina dengan akun LinkAja milik kamu sebagai metode pembayaran. Kini MyPertamina kamu sudah bisa digunakan.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya