SOLOPOS.COM - Nissan Kicks e-Power

Solopos.com, SOLO — Tren mobil listrik tengah melanda berbagai negara di dunia termasuk Indonesia. Harga mobil listrik sangat beragam dari ratusan juta rupiah sampah miliaran rupiah. Berikut ini daftar mobil listrik murah di Indonesia yang bisa jadi pilihan saat hendak membeli mobil ramah lingkungan.

Selama ini mobil listrik jauh lebih mahal dibandingkan mobil yang menggunakan bahan bakar fosil. Salah satu komponen mobil listrik yang menjadikan kendaraan itu mahal adalah baterai.

Promosi Mali, Sang Juara Tanpa Mahkota

Selain itu ada faktor lain seperti teknologi, bahan baku mayoritas dipasok dari luar negeri, hingga software kendaraan itu. Sejumlah produsen mobil mengklaim harga baterai mengambil porsi hingga 60% dari total harga kendaraan listrik itu sendiri.

Berikut kami tampilkan daftar mobil listrik murah di Indonesia yang dihimpun Solopos.com dari berbagai sumber.

Ekspedisi Mudik 2024

Nissan Kicks e-Power

mobil listrik termurah
Nissan Kicks e-Power

Mobil listrik Nissan Kicks e-Power berada di urutan teratas untuk mobil listrik termurah di Indonesia. Mobil ini digadang-gadang merupakan yang termurah yaitu Rp449 jutaan.

Baca Juga: Ternyata Mobil Listrik Bisa Dibeli Secara Kredit Lho, Minat?

Sebenarnya, Nissan Kicks e-Power masih membutuhkan bahan bakar berupa bensin. Tapi, bahan bakar tersebut digunakan hanya untuk menggerakkan generator.

Generator inilah yang nantinya akan berguna untuk mengisi baterai listrik. Nissan Kicks e-Power menggunakan mesin bensin HR12DE, berkapasitas 1.198 cc, 3 silinder, DOHC, CVTV.

Mesin bensin ini mampu menghasikan tenaga 78 hp dengan torsi 103 Nm. Sedangkan mesin listriknya mampu mengeluarkan tenaga 128 hp dengan torsi 260 Nm.

Cara kerja mobil listrik termuah di Indonesia ini adalah mesin bensin mengisi penuh baterai listriknya. Saat baterai habis, mesin bensin otomatis mati.

Lalu penggerak akan berpindah ke mesin listrik sampai baterainya habis. Sebaliknya, saat baterainya habis, mesin bensin akan kembali menyala untuk mengisi daya.

DFSK Gelora E

mobil listrik termurah di Indonesia
DFSK Gelora E

Daftar mobil listrik termurah di Indonesia datang dari pabrikan asal China yaitu DFSK. DFSK Gelora E mulai dipasarkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021.

Baca Juga: Adaro Group Siap Menjadi Penyuplai Komponen Mobil Listrik.

Gelora E ditawarkan dalam dua varian, yaitu blind van dan Mini Bus (MB). Untuk varian mini bus, dapat menampung hingga 7 orang penumpang sehingga cocok digunakan sebagai mobil shuttle, travel, antar jemput orang, dan sebagainya.

Selain itu untuk varian blind van, mempunyai panjang kabin 2,63 m yang cocok dipakai sebagai mobil untuk mengangkut barang.

Mobil listrik termurah di Indonesia ini menggunakan baterai lithium-ion dengan kapasitas 42 kWh yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 80,4 hp dan torsi maksimum 200 Nm. Mobil ini pun dapat mencapai jarak tempuh berkendara hingga 300 km.

DFSK mengklaim waktu pengisian baterainya dinilai singkat yaitu hanya butuh waktu sekitar 80 menit untuk mengisi baterai dari 20 persen sampai 80 persen.

Baca Juga: Mobil Listrik Pertama di Indonesia, Isi Baterai 18 Menit untuk 490 Km

Berdasarkan situs web resmi DFSK, harga Gelora E varian MB Rp510 juta, sedangkan untuk varian blind van seharga Rp480 juta On The Road (OTR) DKI Jakarta. Tidak salah bila mobil ini masuk daftar mobil listrik termurah di Indonesia.

Hyundai IONIQ

Hyundai Ioniq 5
Penampakan mobil Hyundai Ioniq 5 (Hyundai.com)

Hyundai IONIQ Electric merupakan mobil listrik pertama yang dijual secara resmi oleh Hyundai Indonesia. Mobil ini dibenamkan motor listrik bermagnet permanen yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 134 hp dan torsi maksimum 295 Nm.

Tenaganya berasal dari baterai lithium-ion 38,3 kWh. Ioniq Elctric dapat berakselerasi dari 0 sampai 100 km per jam dalam waktu 9,9 detik serta jarak tempuh yang mencapai 373 km.

Di Indonesia, Hyundai IONIQ ditawarkan mulai Rp682 juta. Ini memang bukan mobil listrik yang termurah di Indonesia, namun jauh lebih terjankau dibandingkan beberapa jenis mobil listrik lainnya.

Sedangkan yang terbaru ada IONIQ 5. IONIQ 5 menjadi pembicaraan karena menjadi mobil listrik pertama yang dirakit di Indonesia.

Baca Juga: Mobil Listrik Hyundai IONIQ 5 Meluncur, Spesifikasi dan Harga



Hyundai IONIQ 5 disebut-sebut merupakan mobil listrik dengan segudang teknologi terdepan. Berbagai fitur inovatif yang melekat pada IONIQ 5 juga telah mendapatkan banyak pengakuan secara global sejak pertama kali diluncurkan, hingga saat ini.

IONIQ 5 terdiri dari berbagai varian dan dipasarkan dengan perincian harga sebagai berikut: IONIQ 5 Prime Standard Range: Rp718.000.000 (OTR Jakarta), IONIQ 5 Prime Long Range: Rp759.000.000 (OTR Jakarta), IONIQ 5 Signature Standard Range: Rp779.000.000 (OTR Jakarta), dan IONIQ 5 Signature Long Range: Rp829.000.000 (OTR Jakarta)

Itulah daftar mobil listrik termurah di Indonesia. Bagaimana berminat membeli?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya