SOLOPOS.COM - Kijang Innova Zenix. (Antara)

Solopos.com, SOLO-Ada sejumlah daftar pilihan mobil hybrid murah di Indonesia pada 2022 berasal dari beberapa pabrikan seperti Suzuki, Toyota, dan Nissan. Apa sajakah? Simak ulasannya di info otomotif kali ini.

Mobil tipe ini bisa menjadi batu loncatan bagi seorang konsumen untuk memasuki era elektrifikasi.  Sulit disangkal bahwa industri otomotif Indonesia sudah mulai melangkah ke arah sana. Pemerintah sendiri terus mendorong pertumbuhannya melalui sejumlah upaya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Istilah Hybrid Electric Vehicle (HEV) atau mobil hybrid sebenarnya hanyalah salah satu jenis teknologi elektrifikasi pada kendaraan. Mobil semacam ini menawarkan beberapa keunggulan.  Di antaranya konsumen tetap bisa merasakan pengalaman berkendara yang lebih “hijau” tanpa harus melakukan pengisian daya listrik.

Sebabnya mobil hybrid masih menggendong mesin pembakaran internal alias Internal Combustion Engine (ICE), tapi juga dilengkapi komponen-komponen elektrik, seperti baterai dan motor listrik.

Baca Juga: Segini Konsumsi Bahan Bakar Toyota Innova Zenix Hybrid

Bagi kamu yang ingin memiliki mobil hybrid berharga murah yang telah beredar di Indonesia berikut ini beberapa daftarnya seperti dikutip dari carmudi.com pada Rabu (23/11/2022):

1. Suzuki Ertiga Hybrid (Rp270,3 juta—Rp292,3 juta)

Daftar mobil hybrid di indonesia
Suzuki Ertiga Hybrid. (Suzuki.com)

Suzuki Ertiga Hybrid terbaru resmi meluncur di Indonesia pada 10 Juni 2022. Mobil ini hadir dalam 2 varian kemewahan, GX dan Suzuki Sport. Kemudian masing-masing varian tersebut tersedia dalam pilihan transmisi manual dan otomatis. Sehingga totalnya tersedia 4 varian Suzuki Ertiga Hybrid yang bisa dipilih oleh konsumen.

Walau masih mengusung sistem mild hybrid, namun kehadiran mobil ini cukup signifikan karena turut memperkenalkan teknologi elektrifikasi di segmen Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) 7-seater. Kehadiran Suzuki Ertiga Hybrid sebenarnya bukan kali ini saja. Sebelumnya Suzuki Ertiga juga pernah hadir dengan sistem yang cukup mirip menggunakan mesin diesel.

Baca Juga: Menteri ESDM: Pakai Motor Listrik Bisa Hemat Rp2,5 Juta per Tahun

Perbedaan pada versi terbaru ialah adanya tambahan baterai lithium untuk mendampingi Integrated Starter Generator (ISG). Kehadiran sistem mild hybrid pada Suzuki Ertiga ditujukan untuk membuat konsumsi bahan bakarnya makin irit. Terutama untuk penggunaan kendaraan di dalam kota yang jalanannya kerap diwarnai kemacetan.

2. Nissan Kicks e-Power  (Rp482,8 juta)

Daftar mobil hybrid di indonesia
Nissan Kicks e-Power. (Nissan)

Usia Nissan Kicks e-Power di Indonesia sudah hampir dua tahun. PT Nissan Motor Indonesia (NMI) meluncurkannya pada 2 September 2020.  Pada saat ini hanya ada satu pilihan varian yang tersedia dengan nama 1.2 e-Power VL.

Cara kerja sistem hybrid Nissan Kicks e-Power menarik untuk dibahas karena memiliki keunikan tersendiri.  Pada intinya mobil ini tetap memiliki dua sumber tenaga yang terdiri dari mesin konvensional 1.200 cc dan motor listrik. Dengan mengadopsi sistem hybrid seri, roda digerakan sepenuhnya oleh motor listrik.

Baca Juga: Toyota Targetkan Penjualan Kijang Innova Zenix 4.000 Unit per Bulan

Sementara itu mesin konvensionalnya yang identik dengan milik Nissan March ibaratnya hanya berfungsi sebagai “genset”. Bertugas untuk memasok tenaga listrik ke dalam baterai.

Cara kerja demikian memungkinkan konsumen merasakan pengalaman berkendara yang mirip dengan mobil listrik. Namun, tanpa harus melakukan pengisian daya listrik. Di samping itu, Nissan beranggapan cara kerja sistem e-Power merupakan solusi terhadap baterai mobil listrik yang harganya masih mahal.

3. Toyota Corolla Cross Hybrid (Rp535,3 juta)

daftar mobil hybrid di indonesia
Toyota Corolla Cross Hybrid. (TAM)

Berikutnya adalah Toyota Corolla Cross Hybrid yang masuk daftar mobil hybrid dengan harga murah di Indonesia. Seperti kebanyakan produk hybrid dari merek Toyota, mobil ini dijual dengan harga Rp500 jutaan.

Baca Juga: Hebat! Mahasiswa UGM Ciptakan Mobil Listrik Teririt Se-Asia

Kenyataannya banderol tersebut masih tergolong murah karena masih ada mobil-mobil hybrid di Indonesia yang harganya tembus di atas Rp1 miliar.   Toyota Corolla Cross Hybrid sendiri hanya tersedia dalam satu varian dengan harga jual Rp535,5 juta pada saat ulasan ini dibuat.

Mobil ini mengusung teknologi yang bernama Toyota Hybrid Synergy Drive. Di dalamnya terdapat 2 sumber tenaga yang terdiri dari mesin konvensional 1.798 cc dan motor listrik.

Sistem hybrid mobil ini bisa bekerja secara paralel ataupun individual untuk menggerakkan roda. Misalnya, pada mode EV artinya kinerja laju mobil sepenuhnya ditopang oleh motor listrik. Pada situasi seperti ini artinya mesin konvensional akan istirahat.

Namun, ketika pindah ke mode normal maka motor listrik dan mesin konvensional akan bekerja bergantian menyesuaikan gaya berkendara. Motor listrik dan mesin konvensional juga bisa bekerja secara bersama khususnya pada pilihan mode power.

4. Toyota Corolla Altis Hybrid  (Rp545 juta)

daftar mobil hybrid di Indonesia
Toyota Corolla Altis Hybrid. (TAM)

Rekomendasi selanjutnya hadir dalam bentuk sedan, yaitu Toyota Corolla Altis Hybrid. Versi hybrid mobil ini hanya tersedia dalam satu varian dengan harga jual Rp545 juta.

Sama seperti Toyota Corolla Cross, mobil ini juga dilengkapi sistem hybrid bernama Toyota Hybrid Synergy Drive. Dengan begitu cara kerja sistemnya pun tak jauh berbeda dengan yang dijelaskan di atas.

Versi terbaru mobil ini tergolong baru hadir di Indonesia. PT Toyota Astra Motor resmi memperkenalkannya pada 8 Februari 2022 lalu tanpa seremoni khusus.



Kini pabrikan membekalinya dengan fitur wireless charger di konsol tengah. Selain itu, Toyota Corolla Altis Hybrid terbaru juga dilengkapi paket fitur keselamatan Toyota Safety Sense (TSS) 2.

5. Toyota C-HR Hybrid  (Rp583 juta)

Daftar mobil hybrid di indonesia
Toyota C-HR Hybrid. (TAM)

Toyota C-HR Hybrid juga masuk daftar mobil hybrid di Indonesia. Mobil ini hanya tersedia dalam satu varian dan dijual dengan harga Rp583 juta.

Toyota C-HR Hybrid juga mengusung teknologi Toyota Hybrid Synergy Drive seperti Toyota Corolla Cross dan Toyota Corolla Altis. Faktanya ketiga model tersebut juga menggunakan mesin konvensional 1.798 cc yang sama dengan kode 2ZR-FXE.

Baca Juga: 2.500 Unit Hyundai Ioniq 6 Ludes Terjual dalam Hitungan Jam di Eropa

Sistem hybrid generasi ke-4 yang mobil ini menjanjikan pengalaman berkendara lembut, bertenaga, sekaligus ramah lingkungan.  Pada 27 Mei 2022 lalu mobil ini pun mendapatkan penyempurnaan dengan ikut dilengkapi fitur TSS.

6. All New Kijang Innova Zenix Hybrid

daftar mobil hybrid di Indonesia Konsumsi bahan bakar innova zenix hybrid harga innova hybrid
Toyota Innova Zenix Hybrid. (JIBI/Bisnis Indonesia)

PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi merilis kendaraan elektrifikasi All New Kijang Innova Zenix Hybrid secara global di Indonesia dengan harga jual mulai dari Rp458 juta.  “Hari ini kami hadirkan Kijang baru generasi ketujuh All New Kijang Innova Zenix sebagai inovatif multipurpose crossover,” ujar Wakil Presiden Direktur Toyota Astra Motor Henry Tanoto dalam acara peluncuran Kijang Innova Zenix Hybrid di Jakarta, seperti dikutip dari Antara pada Senin (21/11/2022).

Sedangkan All New Kijang Innova Zenix varian hybrid dijual mulai dari harga Rp458 juta (tipe G), Rp532 juta (tipe V) dan Rp611 juta (tipe Q) on the road. Toyota turut memberikan garansi untuk baterai All New Kijang Innova Zenix selama 8 tahun atau 160.000 km.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya