SOLOPOS.COM - Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan sebelum dilantik menjadi Menteri Perdagangan di lingkungan Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (15/6/2022). (ANTARA/Indra Arief)

Solopos.com, JAKARTA–Daftar menteri Kabinet Indonesia Maju yang merangkap jabatan sebagai ketua umum partai politik bertambah setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan dalam perombakan (reshuffle) kabinet di Istana Negara Jakarta, Rabu (15/6/2022).

Seperti diketahui Zulkifli adalah Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN). Presiden melantik Zulkifli Hasan menjadi Mendag menggantikan Muhammad Lutfi yang menjabat sejak 23 Desember 2020.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Zulkifli Hasan juga merupakan Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) periode 2019-2024, yang pernah menjabat sebagai Ketua MPR RI pada 2014-2019. Zulkifli juga pernah menjabat sebagai Menteri Kehutanan menggantikam MS Kaban pada 22 Oktober 2009 hingga 1 Oktober 2014.

Baca Juga: Reshuffle Kabinet: Zulkifli Hasan Mendag, Hadi Tjahjanto Menteri ATR

Setidaknya, saat ini ada empat ketua umum parpol yang menjadi menteri Jokowi. Ini artinya Jokowi berkompromi pada periode kedua pemerintahannya. Sebelumnya, pada periode 2014-2019, tidak ada ketua umum partai yang menjabat sebagai menteri di kabinetnya.

“Yang paling penting bisa membagi waktu,” kata Jokowi di Istana Merdeka, Rabu (23/11/2019), seperti dikutip dari Bisnis.

Berikut daftar ketua umum parpol yang menjabat sebagai menteri di kabinet Jokowi:

Baca Juga: Resmi! Reshuffle Kabinet, Jokowi Lantik 2 Menteri dan 3 Wakil Menteri

  1. Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto

Airlangga menjabat sebagai menteri sejak periode pertama pemerintahan Jokowi. Dia ditunjuk menjadi Menteri Perindustrian menggantikan Saleh Husin pada perombakan kabinet pada 2016. Kemudian, Airlangga didapuk sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian pada periode kedua pemerintahan Jokowi.

  1. Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto

Prabowo Subianto memilih merapat menjadi menteri Jokowi setelah kalah bersaing pada pemilihan presiden 2019. Sebelumnya, Prabowo menjadi pesaing Jokowi pada Pilpres 2014. Mantan Danjen Kopasus itu ditunjuk menjadi Menteri Pertahanan periode jabatan 2019-2024. Latar belakang militer menjadi alasan Jokowi memberikan mandat kepada Prabowo selain karena pertimbangan merangkul lawan dalam satu koalisi.

Baca Juga: Dilantik Jadi Menteri Perdagangan, Ini Janji Pertama Zulkifli Hasan

  1. Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa

Suharso Monoarfa ditunjuk sebagai Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas periode 2019-2024. Surharso sebelumnya sempat menjadi Menteri Perumahan Rakyat pada pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono periode kedua. Dia ditunjuk menjadi Menteri pada 2009. Namun, belum tuntas lima tahun, tepatnya pada 2011, mengundurkan diri karena alasan pribadi dan melanjutkan bisnisnya di bidang manufaktur dan kimia. Suharso mendapatkan “pulung” menggantikan Romahurmuziy menjadi Ketua Umum PPP, setelah Romahurmuziy ditetapkan menjadi tersangka kasus korupsi. Kemudian Suharso terpilih menjadi menteri pada pemerintahan Jokowi.

  1. Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan

Zulkifli Hasan dilantik Jokowi sebagai Menteri Perdagangan menggantikan M Lutfi pada hari ini. Zulkifli sempat menjadi Menteri Kehutanan pada era pemerintahan SBY periode 2009-2014. Kemudian, sejak 2015 menjabat sebagai Ketua Umum PAN. Dia sempat berseteru dengan pendiri PAN Amien Rais. Amien akhirnya memilih mendirikan partai sendiri, Partai Ummat. Zulkifli pernah menjabat sebagai Ketua MPR periode 2014-2019 dan Wakil Ketua MPR periode 2019-2024.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya