SOLOPOS.COM - Ilustrasi kemacetan lalu lintas. (manchestereveningnews.co.uk

Solopso.com, SUKOHARJO — Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo beserta Satlantas Sukoharjo terus melakukan sejumlah persiapan rekayasa lalu lintas menjelang Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah Jumat-Minggu (18-20/11/2022).

Mereka juga menyiapkan sejumlah kantong parkir untuk peserta Muktamar Muhammadiyah. Berikut daftar lokasi rawan macet, lokasi parkir, dan rekayasa lalu lintas tersebut berdasarkan penelusuran Solops.com.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Rawan macet di Kartasura dan Solo Baru

Lokasi rawan macet diperkirakan kompleks Universitas Muhammadiyah Surakarta, terminal lama dan baru Kartasura, Colomadu Karanganyar, dan Solo Baru.

UMS merupakan lokasi muktamar, sementara Terminal Kartasura dan Colomadu berdekatan dengan kantong parkir bus range 1.

Baca juga: Catat! 8 Lokasi Sekitar Stadion Manahan Solo Ditutup saat Pembukaan Muktamar

Selanjutnya, Solo Baru Sukoharjo utamanya di bundaran Pantung Pandawa, kawasan patung Ir. Soekarno, dan kawasan The Park Solo Baru juga diprediksi macet karena menjadi lokasi parkir kendaraan penggembira Muktamar.

Kepala Dishub Sukoharjo, Toni Sri Buntoro, mengatakan rekayasa tersebut akan dimulai pada Jumat-Minggu, (18-20/11/2022). “Rekayasa tersebut akan melihat perkembangannya, apakah diperlukan perpanjangan atau tidak,” kata Toni saat dihubungi Solopos.com Kamis, (17/11/2022) melalui sambungan WhatsApp.

Penutupan jalan

Jalan yang secara resmi ditutup yakni ada enam. Pertama Jalan Pabelan – Gonilan Selatan, kedua di Jalan Pabelan – Gonilan Utara, ketiga di sekitar Pondok Pesantren Assalam, keempat di depan Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS) dan Gor Siti Walida.

Warga diminta langsung melewati Jalan Raya Slamet Riyadi atau Adi Sucipto Laweyan.

Baca juga: Ribuan Penggembira & Peserta Muktamar bakal Tiba di Asrama Haji Solo Malam Ini

Petugas berjaga

Masyarakat tak perlu khawatir karena akan ada banyak petugas berjaga. Ini lokasi pos jaga mereka yang bertujuan mengarahkan masyarakat yang kesasar.

Jalan Pabelan-Gonilan Selatan, Jalan Pabelan-Gonilan Utara, Ponpes Assalaam, Goro Assalaam, Kawasan Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS), Gor Siti Walidah, Terminal Lama Kartasura, Terimal Baru Kartasura, Bundaran Kartasura.

Ada juga di Jalan Hotel Fave Solo Baru ke barat, Bundaran Pandawa, Kawasan Patung Ir.Soekarno, Kawasan Kolam Renang Pandawa, dan Kawasan The Park Mall Solo Baru.

Kantong parkir

Baca juga: Baca juga: Muktamar Aisyiyah Solo: Angka Stunting Tinggi, Rumah Gizi Aisyiyah Jadi Solusi

Range 1: Ponpes Assalam memuat 100 mobil, Goro Assalam 50 bus, BBWS 150 bus, Gor Siti Walidah 70 bus, Terminal Lama Kartasura 70 bus, Terminal Baru Kartasura 150 bus.

Range 2: JL Ir Soekarno 400 bus, Jl Fave Hotel ke Barat 150 bus, Kolam Renang Pandawa 50 bus, dan The Park Mall Solo Baru 150 bus.

 Hindari

Masyarakat diminta hindari titik kemacetan atau lokasi parkiran kendaraan selama 3 hari ini

 Pantau Medsos

Baca juga:  Istimewa! Solo 3 Kali Jadi Tuan Rumah Muktamar Muhammadiyah

Bagi masyarakat luar kota yang akan melalui jalur rekayasa lalu lintas, Satlantas Sukoharjo mengimbau selalu cek  sosial media Satlantas Sukoharjo terkait mana saja jalur yang dapat dilalui untuk menghindari kepadatan di wilayah Sukoharjo.

Awas Solo Hujan

Solo Sukoharjo sering hujan akhir-akhir ini, masyarakat ataupun para pendukung Muktamar Muhammadiyah diminta hati-hati berkendara

Baca juga: Ribuan Penggembira & Peserta Muktamar bakal Tiba di Asrama Haji Solo Malam Ini

“Sebelum berkendara, pastikan dulu kondisi kendaraan yang akan digunakan mulai dari rem, oli, spion, dan sebagainya. Karena salah satu penyebab laka lantas adalah kendaraan yang digunakan,” lanjut AKP Sofia.

Baca juga: Haedar Nashir Ibaratkan Muhammadiyah sebagai Tim Sepak Bola, Ini Maknanya

Selanjutnya, para pengendara roda dua maupun roda empat untuk lebih berkonsentrasi saat di jalan raya karena, dan tidak memainkan ponsel dan melakukan aktivitas lain saat berkendara.



Terakhir, karena situasi alam tidak dapat diprediksi, AKP Sofia mengimbau sebelum berangkat, pengendara untuk dapat mempersiapkan diri menghadapi cuaca yang akan datang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya