SOLOPOS.COM - Kawasan kuliner Tawangmangu Baru di jalan tembus Tawangmangu-Sarangan. (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, KARANGANYAR — Jalan tembus Tawangmangu-Sarangan di wilayah Kabupaten Karanganyar sudah ditetapkan sebagai destinasi wisata kuliner baru oleh Pemkab Karanganyar.

Di kawasan yang kini disebut Tawangmangu Baru itu pun sudah berdiri sekitar 35 rumah makan sekelas restoran/kafe. Di antaranya ada Resto Rahma, Sate Lawu, Sakera, The Bridge, Legender, Banyu Mili, The Nikmat Cafe & Resto, dan lainnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berbagai restoran tersebut menyajikan beragam menu makanan yang bisa dipilih sesuai selera masing-masing pengunjung.

Kuliner Tawangmangu Baru

1. Kambing Guling

Di Sate Lawu, seperti namanya resto ini menyajikan beragam menu sate, baik sate kambing, sate kelinci, maupun sate ayam. Menu unggulan di resto yang berlokasi di kawasan kuliner Tawangmangu Baru ini adalah sate lawu spesial. Yakni sate kambing muda tanpa lemak yang disajikan dengan pelat panas atau hot plate.

Ekspedisi Mudik 2024

Manajer Sate Lawu, Sudarso, mengatakan selain menu sate lawu spesial ada juga menu sate kambing biasa, serta menu variasi masakan berbahan dasar daging kambing seperti gulai dan tongseng.

Baca juga : Resto di Tawangmangu Dilarang Ngepruk Harga, Teh Manis Cukup Rp3.000

Ia mengatakan, harga sate lawu spesial ini adalah Rp55.000 per porsi. “Menu yang paling banyak dipesan di Sate Lawu adalah sate lawu spesial. Harga seporsi sate lawu spesial ini Rp55.000,” ujarnya, Rabu (17/8/2022).

Selain itu, di resto berkapasitas sekitar 120 orang ini juga menyediakan menu kambing guling dengan pemesanan terlebih dahulu.

“Di tempat kami juga melayani kambing guling dengan kisaran harga Rp3 juta, belum termasuk nasi, dan harus pesan tiga hari sebelumnya,” imbuh Sudarso.

2. Nasi Kucing

Sementara itu, di resto Angkringan Sakera menyajikan menu yang beragam mulai masakan nusantara hingga masakan Barat. Untuk masakan nusantara ada nasi pecel, nasi kucing, nasi goreng, ayam goreng, sup iga, kakap goreng/bakar, dan lainnya. Sedangkan untuk masakan Barat ada steak ayam dengan variasi chicken steak single, chicken steak, dan chicken wings BBQ.

Pemilik resto Angkringan Sakera, Via Mayasari mengatakan menu yang paling banyak dipesan di restonya adalah sup iga.

“Sup iga kami pakai daging sapi lokal dengan bumbu yang berani. Semua dimasak ketika dipesan sehingga daging masih segar dan empuk. Sup iga ini memang nikmat disajikan di daerah pegunungan yang sejuk,” ujarnya, Selasa (16/8/2022).

Baca juga : Air Laut di Tujuh Mata Air Pablengan Lereng Gunung Lawu

Dalam buku daftar menu resto yang berlokasi di kawasan kuliner Tawangmangu Baru, sup iga dijual senilai Rp35.000, sama dengan menu yang berbahan sejenis, iga bakar.

Sementara itu, di The Nikmat Cafe & Resto menu yang ditawarkan mirip dengan resto Sangkringan Sakera, yakni steak hingga sup iga.

“Di sini ada menu western food dan masakan Jawa. Ada macam-macam steak, ayam goreng, nila, bebek, sup iga, dan juga ada gulai kepala kambing. Harganya bervariasi tergantung menunnya, yaitu pada kisaran Rp20.000-Rp75.000 per porsi,” ujar pengelola The Nikmat Cafe & Resto, Dian Agung Romadona.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya