Daftar Kuliah Mudah, Murah, dan Terdepan, Ke UT Aja
Solopos.com|soloraya

Daftar Kuliah Mudah, Murah, dan Terdepan, Ke UT Aja

Ada pun biaya kuliah UT Surakarta merupakan biaya kuliah yang paling murah di antara biaya kuliah perguruan tinggi di Indonesia.

Solopos.com, SOLO -- Seiring dengan perkembangan teknologi yang pesat, perubahan perilaku akibat pandemi Covid-19, dan menjawab tantangan bonus demografi, generasi muda harus siap menghadapi tantangan global.

Untuk itu, orang muda harus menyiapkan diri supaya bisa bersaing dalam pasar tenaga kerja yang kompleks. Universitas Terbuka (UT) merupakan pionir perguruan tinggi negeri di Indonesia yang menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ) dengan menanamkan bekal kepada mahasiswa semangat kemandirian.

UT Surakarta membuka pendaftaran mahasiswa baru untuk angkatan tahun ajaran 2021/2021. Proses pendaftaran cukup mudah dengan melalui laman resmi https://surakarta.ut.ac.id/ hingga  Rabu (11/8/2021).

Manager Registrasi dan Asesmen UT Surakarta, Ratih Paramitasari, menjelaskan UT Surakarta memiliki empat fakultas dengan 40 program studi, antara lain Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Sains dan Teknologi, dan Pascasarjana. “Untuk akreditasinya rata-rata A dan B,” kata dia, Jumat (11/6/2021) pagi.

Baca Juga: Awas! Boba Tea Bisa Picu Asam Urat

Ratih mengatakan mahasiswa dapat memilih model pembelajaran dengan PJJ secara penuh atau PJJ dengan beberapa kesempatan kegiatan belajar mengajar (KBM) dengan pertemuan tatap muka.

“Mahasiswa baru dapat memiliki paket atau nonpaket. Nonpaket ini mahasiswa bisa memilih sendiri mau ambil berapa mata kuliah selama satu semester. Lebih fleksibel dan tidak mengganggu aktivitas pekerjaan,” paparnya.

Sedangkan sistem paket sudah ditentukan oleh UT Surakarta dengan sekitar 24 SKS/semester. Para mahasiswa yang mengambil sistem paket mendapatkan fasilitas buku dan tutorial.

Kuliah Murah

Ada pun biaya kuliah UT Surakarta merupakan biaya kuliah yang paling murah di antara biaya kuliah perguruan tinggi di Indonesia. Biaya nonpaket yaitu mulai Rp35.000/SKS sampai dengan Rp78.000/SKS. Kemudian kuliah paket mulai dari Rp1,3 juta/semester sampai Rp3,3 juta/semester.

Perbedaan harga tersebut sesuai dengan pelayanan yang diberikan, antara lain mata kuliah dalam dengan pertemuan tatap muka.

Baca Juga: Gaya Baru Gibran, Pakai Kacamata Hitam dan Kemeja Kekinian

“Mahasiswa baru hanya membayar biaya pendaftaran Rp100.000 tanpa biaya gedung dan uang pangkal,” paparnya.

UT telah meraih berbagai prestasi bergengsi, antara lain jumlah alumni terbanyak yang lolos CPNS 2020, 100 kampus terbaik Indonesia versi Webometrics, kampus terpopuler di Indonesia, peringkat 20 besar kampus hijau versi Green Metric UI, dan Juara II Lembaga Kearsipan tingkat perguruan tinggi Indonesia.



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks
Berita Video
View All

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago