SOLOPOS.COM - Pemandangan Jakarta kota metropolitan. (Freepik)

Solopos.com, SEMARANG – Biaya hidup masyarakat di sederet kota besar di Indonesia memang terbilang cukup mahal. Hal ini dipengaruhi oleh berbagai faktor, khususnya kondisi kota tersebut.

Biasanya semakin ramai suatu kota, maka harga kebutuhan akan melonjak. Tolok ukur kota dengan biaya hidup termahal diketahui dengan dua cara, yaitu indeks harga konsumen (IHK) dan pengeluaran per kapita.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Data pengeluaran per kapita itu dilihat dari hasil survei biaya hidup yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS). Dikutip dari laman BPS, Rabu (11/5/2022), berikut daftar 10 kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia:

1. Jakarta

Jakarta menempati posisi pertama kota termahal di Indonesia. Hasil survei biaya hidup (SBH) 2018 menunjukkan rata-rata pengeluaran per kapita penduduk di Jakarta sebesar Rp4.446.770. Sedangkan rata-rata pengeluaran rumah tangga di sana sebesar Rp16.897.727.

Baca juga: Kota Termahal di Jawa Tengah, Mana Hayo?

2. Surabaya

Total rata-rata pengeluaran per kapita penduduk di Kota Surabaya, Jawa Timur sebesar Rp4.240.902. Sementara rata-rata pengeluaran rumah tangga di sana sebesar Rp16.115.429.

3. Bekasi

Biaya hidup di Kota Bekasi, Jawa Barat, ternyata cukup mahal. Total rata-rata pengeluaran per kapita penduduk Bekasi mencapai Rp4.119.168. Sementara rata-rata pengeluaran rumah tangga di sana sebesar Rp16.888.582.

4. Depok

Kota dengan biaya hidup termahal selanjutnya adalah Depok. Kota di Jawa Barat yang berada di selatan Jakarta itu memiliki rata-rata pengeluaran per kapita sebesar Rp3.424.560. Sementara pengeluaran rumah tangga rata-rata Rp13.355.784.

Baca juga: Keistimewaan Kabupaten Klaten, Kota 1.000 Candi dan Umbul

5. Semarang

Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah ini masuk dalam daftar lima besar kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia. Semarang adalah kota metropolitan terbesar di Jawa Tengah dan nomor lima di Indonesia setelah Jakarta, Surabaya, Medan, dan Bandung.

Total rata-rata pengeluaran per kapita di Semarang mencapai Rp3.257.315. Sementara rata-rata pengeluaran rumah tangganya sebesar Rp13.680.725.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya