SOLOPOS.COM - Penampakan Suzuki Satria Hiu hasil restorasi. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO – Pasar motor bekas, utamanya untuk kelas 2 tak masih diminati penggemar. Tak terkecuali Suzuki Satria Hiu, julukan Satria R 120, di kawasan Soloraya yang masih ditawarkan hingga puluhan juta rupiah.

Motor keluaran Suzuki 2003-2005 ini diakui memiliki kekhasan. Dibanding seri sebelumnya yang berjuluk lumba-lumba, Satria Hiu disebut-sebut memiliki keunggulan. “Selain menarik juga langka. Saya suka karena penikmat 2 tak, itu pertama. Berikutnya kepuasan batin saja bisa memiliki ini,” kata salah kolektor Satria Hiu, Agus Wahid, 35, kepada Solopos.com, Rabu (8/9/2021).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebagaimana selera terhadap motor tua lainnya, penggemar Satria Hiu tersebut menyebutkan penggemar bisa menghargai lebih tinggi jika mendapatkan koleksi yang orisinal. Bahkan, banyak penggemar yang rela untuk mengejar onderdil dan aksesoris asli untuk mencapai kondisi sebagaimana Satria Hiu keluar dealer. “Onderdilnya mahal semua. Dan sulit didapat, hanya bisa mencari via online,” tambah Agus.

Sebagai informasi, Agus Wahid mendapatkan Satria Hiu seharga Rp9 juta dan telah menggelontorkan Rp15 juta lebih untuk biaya restorasi motor kesayangannya itu. “Sudah ditawar Rp25 juta, tapi memang tidak saya jual,” terang Agus.

Berdasarkan penelusuran Solopos.com, beragam harga dibuka untuk penawaran Satria Hiu di wilayah Soloraya. Di Sukoharjo, Satria Hiu tahun 2004 dibuka pemilik akun Facebook Fauza Khanafi dengan harga Rp17 juta.

Perpaduan warna kuning-putih milik pelapak tersebut menerangkan Satria Hiu telah direstorasi menjadi warna asli. Namun, harga jual tersebut belum termasuk biaya pajak yang mati setahun.

Masih di marketplace Facebook, Satria Hiu pilihan kombinasi warna merah-putih ditawarkan pelapak yang menuliskan deskripsi berada di Kota Solo. Pelapak Satria Hiu tahun 2004 dengan akun Dika Aditia Perdana ini membuka harga Rp16juta dengan keterangan motor berpelat AA.

Sementara pilihan warna biru-putih juga ditawarkan dengan harga Rp13,5 juta oleh pelapak dengan akun Facebook Dedik Satya yang membubuhkan keterangan lokasi Kota Solo dengan motor berpelat Sukoharjo itu.

Beralih ke olx.co.id, Solopos.com menemukan penawaran Satria Hiu tahun 2004 dengan pembukaan harga Rp21,9 juta.  Satria Hiu tersebut baru diposting di marketplace ini 12 Agustus lalu. Pelapak dengan akun Aris Santoso 46 Solo tersebut membubuhkan keterangan lokasi Kartasura, Sukoharjo.

Sementara pilihan warna kuning-putih juga ditawarkan di Kota Solo oleh pelapak dengan akun Yulianto. Dagangan Satria Hiu tahun 2004 tersebut diposting 12 Agustus dengan keterangan lokasi Banjarsari, Solo.

Untuk lebih jauh mengenal Satria Hiu, berikut spesifikasinya:

Mesin 2-stroke, single cylinder, air cooled

Bore x stroke: 56 x 49 mm

Rasio kompresi: 7.0 : 1 Max. power: 13,5 ps @ 8000 rpm

Max. torsi: 1,50 kgmf @ 7000 rpm

Intake system: reed valve

Karburator: Mikuni VM 20 SS

Pencapaian: DC – CDI

Transmisi: 6-speed, manual plat majemuk tipe basah

Panjang x lebar x tinggi: 1960 x 710 x 1040 mm

Jarak sumbu roda: 1244 mm

Kapasitas olie samping: 1050 ml, overhaul 1150 ml

Konsumsi bbm: 1 liter per 25-35 km (standar pabrik)

Tangki bbm: 5,2 liter



Berat: 101 kg

Suspensi

– Depan: telescopic

–  BelakangL monoshock

Rem

Depan cakram, hodraulik, dual pistons caliper

Belakang cakram, hodraulik, dual pistons caliper

Ban

Depan 275-17, 80/90-17

Belakang 250-17, 70-90-17

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

Bulog Sebut Stok Beras Capai 1,26 Juta Ton hingga Pertengahan April

Bulog Sebut Stok Beras Capai 1,26 Juta Ton hingga Pertengahan April
author
Newswire , 
Anik Sulistyawati Sabtu, 20 April 2024 - 07:36 WIB
share
SOLOPOS.COM - Ilustrasi stok beras.(Bisnis-Nurul Hidayat).

Solopos.com, JAKARTA — Direktur Utama Perum Bulog, Bayu Krisnamurthi mengungkapkan stok beras di gudang BUMN pangan tersebut mencapai 1,26 juta ton hingga pertengahan April 2024.

“Hingga akhir Lebaran Idulfitri 2024 ini, kalau untuk stok beras Bulog saat ini ada 1,26 juta ton. Itu data posisi terakhir per 17 April 2024”, kata Bayu dihubungi di Jakarta, Jumat (19/4/2024).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Bayu menyampaikan pihaknya terus berupaya melakukan penyerapan gabah kering panen (GKP) di tingkat petani untuk pengadaan stok beras dalam negeri.

Perum Bulog mencatat sudah melakukan pembelian sebanyak 187.000 ton GKP di tingkat petani hingga posisi 17 April 2024.

Koran Solopos

“Kalau untuk target penyerapan gabah di tahun 2024 intinya kami sangat usahakan dan berkonsentrasi penuh lakukan pengadaan dalam negeri secara optimal,” kata Bayu seperti dilansir Antaranews.

Sebelumnya, Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi mengatakan bahwa potensi produksi beras pada April diperkirakan mencapai 4,9 juta ton sehingga dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap ketersediaan beras dalam negeri.

“Bulan ini [potensi] panen padi 4,9 juta ton setara beras, Yang kemarin bulan lalu [Februari] dari 3,5 juta ton naik 3,8 juta ton [pada Maret],” kata Arief di sela halalbihalal bersama awak media di Jakarta, Kamis (18/4/2024).

Emagazine Solopos

Dia menyampaikan angka itu berdasarkan data Kerangka Sampel Area (KSA) dari Badan Pusat Statistik (BPS). Selanjutnya panen padi pada Mei juga diperkirakan mencapai 3 juta ton setara beras. Angka ini menurun dari prediksi pada bulan April.

Arief menuturkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan stok beras Bulog minimal di angka 3 juta ton.

“Kalau Pak Presiden ingin Bulog itu punya minimal 3 juta ton stok beras, kalau penugasan dari Badan Pangan [ke Bulog] kan 2 juta ton, kenapa 2 juta ton? Karena 1,2 juta tonnya itu dipakai untuk SPHP [Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan],” katanya.

Interaktif Solopos

“Kemudian kita juga punya bantuan pangan [10 kg beras] untuk KPM Januari sampai Juni 2024,” katanya lagi.

Karena itu, Arief berharap agar Perum Bulog dan jajarannya di seluruh wilayah Indonesia menerapkan sistem jemput bola dalam penyerapan GKP di tingkat petani.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Ada Pemeliharaan, Cek Jadwal Pemadaman Listrik di Sleman Hari Ini (20/4/2024)

Ada Pemeliharaan, Cek Jadwal Pemadaman Listrik di Sleman Hari Ini (20/4/2024)
author
Nugroho Meidinata Sabtu, 20 April 2024 - 07:11 WIB
share
SOLOPOS.COM - Ilustrasi listrik. (Freepik)

Solopos.com, SLEMAN — Pada hari ini Sabtu, 20 April 2024, terdapat pemadaman listrik di Sleman, DI Yogyakarta, yang dikarenakan adanya pemeliharaan jaringan distribusi.

Jadwal pemadaman listrik di daerah tersebut akan berlangsung kurang lebih tiga jam, yakni dari 10.00 – 13.00 WIB.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Adapun wilayah terdampaknya berada di bawah PLN ULP Kalasan, yakni di Dsn Tawang/Tunjungan, PLN Kalasan, Dsn Kowang, Dsn Ngampar, Dsn Bugisan, Dsn Keniten Wetan, Bikima Bogem, Dsn Sanggrahan Bogem, SMIK Bogem, SMA 1 Kalasan, Dsn Kepatihan, Dsn Randugunting, BPR Shinta Daya, Bank Sleman, BPD DIY Prambanan, Toko Emas Bintang Sembilan, Dsn Randusari, Kecamatan Prambanan, dan sekitarnya.

Dengan adanya pemadaman listrik di wilayah Sleman pada hari ini, masyarakat diimbau bersiaga dan bersiap-siap.

Koran Solopos

Permohonan Maaf Atas Pemadaman Listrik di Sleman

Berdasarkan informasi yang diunggah di akun Instagram @plnjogja, PLN Sleman menyampaikan permohonan maaf kepada pelanggan PLN yang terdampak pemadaman listrik tersebut.

Lebih lanjut, PLN Sleman dalam pengumuman pemadaman listrik tersebut menyebutkan apabila pekerjaan pemeliharaan listrik di beberapa wilayah tersebut telah usai, aliran listrik akan dinormalkan kembali.

PLN Sleman juga mengimbau masyarakat untuk menjaga keselamatan dari sumber tenaga listrik. Beberapa di antaranya tidak mendirikan bangunan, tiang antena, atau baliho yang berdekatan dengan jaringan listrik. Adapun jarak aman tiga meter dari jaringan listrik.

Emagazine Solopos

Masyarakat diminta menyesuaikan diri dengan pemadaman listrik itu.

Kemudian, masyarakat diimbau untuk tidak bermain layang-layang di bawah dekat jaringan listrik. Selain itu, tidak melakukan penebangan pohon atau lainnya yang di dekat jaringan tanpa koordinasi dengan petugas PLN.

Jika terjadi gangguan listrik di luar jadwal pemadaman listrik, masyarakat Sleman bisa menghubungi PLN lewat call center di nomor 123 atau melalui pesan tertulis ke media sosial PLN di Twitter dan Instagram.

Interaktif Solopos

 



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Ketegangan di Timur Tengah Diperkirakan Berdampak pada Pasar Keuangan Global

Ketegangan di Timur Tengah Diperkirakan Berdampak pada Pasar Keuangan Global
author
Newswire , 
Anik Sulistyawati Sabtu, 20 April 2024 - 06:54 WIB
share
SOLOPOS.COM - Ilustrasi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI).(Istimewa/Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA – Tensi politik yang memanas dan berkepanjangan di kawasan Timur Tengah dapat menimbulkan efek domino ke pasar keuangan di tingkat global.

Ia menjelaskan, para pelaku pasar dikhawatirkan akan cenderung ‘cash out’ dan mengalihkan dananya ke instrumen investasi yang lebih aman.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Dengan adanya konflik yang akan menimbulkan efek domino, dikhawatirkan investor akan cenderung ‘cash out’ dan mengalihkan ke instrumen yang cenderung aman,” ujar Senior Analyst MNC Sekuritas Herditya Wicaksana alias Didit di Jakarta, Jumat (19/4/2024) seperti dilansir Antaranews.

Dengan adanya konflik, lanjutnya, akan menimbulkan kenaikan harga komoditas terutama minyak mentah, kemudian, akan menimbulkan efek inflasi baik di negara berkembang ataupun negara maju.

Koran Solopos

Dengan tingginya tingkat inflasi khususnya di Amerika Serikat (AS), lanjutnya, akan menurunkan probabilitas The Federal Reserve (The Fed) untuk menurunkan tingkat suku bunga acuannya yang tentunya akan berpengaruh terhadap kebijakan bank sentral lainnya.

“Dengan tingginya inflasi khususnya di AS, maka akan menurunkan probabilitas The Fed untuk cut rate dan akan berpengaruh ke kebijakan bank sentral lainnya,” ujar Didit.

Dalam kesempatan ini, ia merekomendasikan pelaku pasar untuk mencermati perusahaan atau saham yang berkorelasi dengan komoditas di tengah peningkatan tensi politik di kawasan Timur Tengah.

Emagazine Solopos

“Pelaku pasar dapat mencermati emiten- emiten yang berkorelasi dengan komoditas dan dapat melakukan Buy on Weakness (BoW) terhadap emiten- emiten dengan fundamental dan kinerja yang baik,” ujar Didit.

Pasar saham Indonesia dan kawasan Asia bergerak melemah cukup signifikan pada perdagangan hari ini, Jumat (19/04) merespons peningkatan tensi politik yang sedang terjadi di kawasan Timur Tengah.

IHSG Melemah

Sementara itu,  Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Jumat (19/4/2024) sore ditutup melemah mengikuti pelemahan bursa saham kawasan Asia dan global.

Interaktif Solopos

IHSG ditutup melemah 79,49 poin atau 1,11 persen ke posisi 7.087,31. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 turun 15,20 poin atau 1,62 persen ke posisi 920,31.

“Di posisi terlemah terdapat sektor teknologi yang minus 2,79 persen. Nilai transaksi yang terjadi pada perdagangan hari ini sebesar Rp13,78 triliun dan dalam sepekan ini IHSG mengalami pelemahan sebesar minus 1,11 persen,” sebut Tim Riset Pilarmas Investindo Sekuritas dalam kajiannya di Jakarta, Jumat.

Bursa saham Indonesia dan kawasan Asia bergerak melemah cukup signifikan pada perdagangan hari ini Jumat (19/04), merespons adanya peningkatan tensi politik yang sedang terjadi di kawasan Timur Tengah.



Berdasarkan Indeks Sektoral IDX-IC, satu sektor meningkat yaitu sektor kesehatan sebesar 1,10 persen. Sedangkan sepuluh sektor terkoreksi yaitu dipimpin sektor teknologi yang minus 2,78 persen, diikuti sektor transportasi & logistik dan sektor barang konsumen non primer yang masing-masing turun sebesar 2,46 persen dan 1,78 persen.

Saham-saham yang mengalami penguatan terbesar yaitu PEGE, MHKI, ISAP, HELI dan FWCT. Sedangkan saham-saham yang mengalami pelemahan terbesar yakni SBMA, ATLA, KOKA, WIFI, dan SSIA.

Frekuensi perdagangan saham tercatat sebanyak 1.212.001 kali transaksi dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 18,92 miliar lembar saham senilai Rp13,78 triliun. Sebanyak 115 saham naik, 456 saham menurun, dan 204 tidak bergerak nilainya.

Bursa saham regional Asia Jumat sore antara lain, indeks Nikkei melemah 1.011,30 poin atau 2,66 persen ke 37.068,39, indeks Hang Seng melemah 161,72 poin atau 0,99 persen ke 16.224,13, indeks Shanghai melemah 8,95 poin atau 0,29 persen ke 3.065,26, dan indeks Strait Times melemah 11,14 poin atau 0,35 persen ke 3.176,51.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories