SOLOPOS.COM - Direktur Utama PT Persis Solo Saestu, Kaesang Pangarep (kedua dari kiri), Komisaris Utama, Kevin Nugroho (kedua dari kanan) dan Komisaris, Mahendra Agakhan Thohir (kanan) tengah bersiap mengikuti sesi perkenalan pemilik baru Persis di Stadion Manahan Solo, Sabtu (20/3/2021). (Solopos/Chrisna Chanis Cara)

Solopos.com, SOLO – Liga 2 kian menjadi primadona setelah nama-nama pesohor ikut nyemplung mengelola klub. Hal itu menjadikan sejumlah klub dinobatkan sebagai klub kaya baru di Liga 2.

Salah satunya adalah Cilegon United. Klub berjuluk The Volcano kabaranya akan diakuisisi oleh artis Raffi Ahmad. Selebritis berjuluk Sultan Andara ini telah bertemu Presiden Cilegon United, Yudhi Aprianto, Minggu (28/3/2021).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pertemuan itu turut dihadiri kolega Raffi yakni Presiden Direktur Prestige Motorcars, Rudy Salim dan Wakil Direktur Utama Garuda Indonesia, Dony Oskaria. Hadir pula eks pemain Timnas Hamka Hamzah dan Cristian Gonzales.

Baca Juga: Catatan Impor Beras di Indonesia: Dimulai 1910 Sampai Sekarang

Bos Cilegon United, Yudhi Aprianto, mengonfirmasi ketertarikan Raffi pada timnya. Saat ini kedua belah pihak tengah bernegosiasi soal besaran saham yang akan diakusisi. “Betul, dia akan bergabung. Saham Raffi juga akan masuk ke Cilegon United,” ujar Yudhi dilansir Detik.com, Minggu.

Sebelumnya ada Persis Solo yang baru saja diakuisi oleh Kaesang Pangarep. Tak hanya Kaesang, saham Persis juga dimiliki oleh Kevin Nugroho dan Erick Thohir. “Liga 1 harga mati,” ujar Kaesang.

Selain Persis dan Cilegon United, klub seperti Putra Safin Group (PSG) Pati dan Dewa United siap melesat dengan dukungan finansial mereka. PSG bahkan sudah punya Safin Pati Football Academy (SPFA) yang memiliki training ground serta rutin mencari bibit potensial di penjuru Nusantara.

Lahirnya klub berjuluk Laskar Kembang Joyo ini tak lepas dari bos SPFA yang juga Wakil Bupati Pati, Saiful Arifin. Sejauh ini mereka telah merekrut belasan pemain untuk menatap Liga 2 2021.

Boyong Pemain Top

Dewa United juga bakal menjadi pesaing berat Persis karena mereka tak ragu mengeluarkan kocek untuk memperkuat tim. Sejauh ini klub asuhan Kas Hartadi itu telah memboyong pemain jempolan macam Herman Dzumafo, Shahar Ginanjar, Rangga Muslim hingga eks bintang Persis, Rishadi Fauzi.
Kekuatan finansial mereka tak lepas dari trio Erick Thohir, Garibaldi Thohir dan Kevin Hardiman yang mengucurkan dana segar untuk klub yang musim lalu bernama Martapura FC itu.

Rivalitas di kasta kedua kian sengit jika menghitung “orang kaya lama” macam Sulut United dan PSMS Medan. Keduanya sudah mempersiapkan skuad jauh-jauh hari untuk menghadapi kompetisi. PSIM Jogja dan Sriwijaya FC juga sudah kembali bergeliat dan menunjukkan manajemen yang sehat untuk menatap kompetisi.

Baca Juga: Persis Solo Gelar Seleksi Pemain, MARS Usulkan Konsep Safari

Sriwijaya baru saja merombak direksi PT Sriwijaya Optimis Mandiri dengan menunjuk Hendri Zainudin sebagai Direktur Utama sekaligus Presiden klub. Kebijakan ini bagian dari target promosi ke Liga 1. “Sriwijaya FC siap bersaing klub lain yang serius mempersiapkan tim seperti Persis Solo milik putra Presiden Jokowi, yakni Kaesang,” ujar Hendri.

Berikut 4 Klub Kaya Baru di Liga 2 2021:

Persis Solo
Pemilik : Kaesang Pangarep, Kevin Nugroho, Erick Thohir
Tanggal Akuisisi : 20 Maret 2021
Markas : Stadion Manahan, Solo
Kapasitas : 20.000 penonton
Pelatih : Eko Purdjianto

Putra Safin Group (PSG) Pati
Pemilik : PT Safin Pati Football Academy (Saiful Arifin)
Tanggal Akuisisi : 26 Desember 2020 (beli lisensi Putra Sinar Giri Gresik)
Markas : Gelora Soekarno Mojoagung, Pati
Kapasitas : 25.000 penonton
Pelatih : Ibnu Grahan

Dewa United
Pemilik : Erick Thohir, Garibaldi Thohir, Kevin Hardiman
Tanggal Akuisisi : 22 Februari 2021 (beli lisensi Martapura FC)
Markas : Indomilk Arena, Tangerang
Kapasitas : 15.000 penonton
Pelatih : Kas Hartadi

Cilegon United
Pemilik : Raffi Ahmad (segera diresmikan)
Tanggal Akuisisi : Proyeksi pengumuman 31 Maret 2021.
Markas : Stadion Krakatau Steel, Cilegon
Kapasitas : 20.000 penonton

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya