SOLOPOS.COM - Kendaraan melintas di simpang empat Bendogantungan, Kecamatan Klaten Selatan, Senin (18/4/2022). Bendogantugan kerap menjadi salah satu titik kepadatan arus lalu lintas saat mudik Lebaran. Di kawasna tersebut kerap dilakukan pengalihan arus. (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATENSatlantas Polres Klaten telah memetakan belasan lokasi rawan kemacetan di Jl. Solo-Jogja saat arus mudik mendatang. Satlantas sudah menyiapkan sejumlah skenario guna mengantisipasi potensi kemacetan tersebut.

Kapolres Klaten, Eko Prasetyo, melalui Kasatlantas Polres Klaten, AKP Muhammad Fadhlan, mengatakan total anggota Satlantas yang akan diterjunkan saat arus mudik mencapai 80 orang. Sejumlah skenario disiapkan mengantisipasi kemacetan saat arus mudik.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ada tim urai arus yang bakal disebar ke berbagai lokasi rawan macet. Selain itu, Satlantas menyiapkan skenario contraflow atau lawan arus. Akses putar balik atau U-turn yang ada pada bukaan median jalan sepanjang jalan raya Jogja-Solo berpotensi dilakukan penutupan ketika kondisi-kondisi arus lalu lintas padat.

Baca Juga: Pemkab Klaten Akhirnya Sediakan Bus Mudik Gratis, Berapa Jumlahnya?

“Secara situasional kami laksanakan contraflow ketika kondisi benar-benar padat. Perlengkapan sudah kami siapkan. Terkait putar balik, kami sudah petakan di timur ada 10 U-turn dan sisi barat ada delapan U-turn yang kami tutup. Tetapi kalau memang kondisi arus lalu lintasnya tidak crowdeed, akan kami buka,” jelas Kasatlantas, Senin (18/4/2022).

Sebanyak 11 lokasi di sepanjang jalan raya Solo-Jogja rawan macet saat arus mudik Lebaran 2022. Sebarannya mulai dari perbatasan barat atau Kecamatan Prambanan hingga perbatasan timur atau Kecamatan Wonosari.

Lokasi rawan macet itu berada di persimpangan-persimpangan jalan pada sepanjang jalan nasional tersebut. Selain itu, lokasi rawan macet berada pada persimpangan jalan nasional dengan jalur kereta api (KA).

Baca Juga: Hati-Hati Lur! Lalu Lintas Klaten Diprediksi Padat Saat Arus Mudik

Ada dua lokasi perlintasan sebidang, yakni perlintasan sebidang Krapyak, Kecamatan Klaten Selatan dan perlintasan sebidang Sendangan, Kecamatan Klaten Tengah.

Berikut daftar rinci 11 lokasi rawan macet di jalan raya Jogja-Solo saat mudik Lebaran 2022:

1. Simpang tiga TWC Prambanan.

2. Simpang tiga Tegalmas (Kecamatan Jogonalan).

3. Simpang empat Golkar (Kecamatan Klaten Selatan).

4. Simpang empat Bendogantungan (Kecamatan Klaten Selatan).

5. Simpang tiga Tegalyoso (Kecamatan Klaten Selatan).

6. Jalur by pass alias lingkar selatan ada dua perlintasan sebidang (perlintasan sebidang Krapyak dan perlintasan sebidang Sendangan).

7. Simpang tiga Ngaran Mlese (Kecamatan Ceper).

8. Simpang empat Sub Terminal Penggung (Kecamatan Ceper).

9. Simpang empat Kepoh (Kecamatan Delanggu).

10. Pasar Delanggu.

11. Pasar Tegalgondo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya