SOLOPOS.COM - Soekarno didampingi Mohammad Hatta (kanan) membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 1945. (Wikimedia.org)

Solopos.com, SOLO — Dalam merayakan HUT ke-77 RI, masyarakat Indonesia bisa menyaksikan 10 film yang bercerita tentang perjuangan Kemerdekaan Indonesia.

Sebentar lagi, masyarakat Indonesia akan memperingati HUT ke-77 RI pada 17 Agustus mendatang. Hari tersebut ditunggu-tunggu banyak pihak. Karena menjelang peringatan 17 Agustus, masyarakat banyak menggelar acara, mulai dari lomba, malam tirakatan, syukuran, hingga nonton film bareng.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Tentu film yang cocok disaksikan saat peringatan HUT ke-77 RI bertema tentang perjuangan.

Nah, Solopos.com kali ini merekomendasikan 10 daftar judul film yang becerita tentang perjuangan Kemerdekaan Indonesia di bawah ini, yang dikutip dari laman resmi Kemenparekraf.

Baca Juga: Langit dari Bumi di Observatorium Bosscha dan Ancaman Polusi Cahaya

10 Film tentang Perjuangan Kemerdekaan Indonesia

1. Battle of Surabaya (2015)

Film animasi ini diproduksi oleh MSV Pictures dan disutradarai oleh Aryanto Yuniawan.

Battle of Surabaya mengisahkan tentang petualangan Musa, seorang remaja tukang semir sepatu yang menjadi kurir bagi perjuangan arek-arek Surabaya pada pertempuran 10 November 1945.

Baca Juga: Sejarah Hari Pramuka di Indonesia, Sudah Tahu Belum?

2. Kartini (2017)

Film garapan Hanung Bramantyo ini dirilis pada 2017 dan diperankan oleh artis Dian Sastrowardoyo.

Dalam film ini bercerita tentang pejuang emansipasi perempuan dalam wajah yang berani, kuat, dan cerdas.

3. Bumi Manusia (2019)

Film yang bercerita tentang Kemerdekaan Indonesia selanjutnya ada Bumi Manusia.

Dalam film garapan Hanung Bramantyo ini menceritakan kisah cinta antara Minke dan Annelies yang timbuh di antara banyaknya permasalahn sosial dan ketidakadilan di masa penjajahan Belanda.

4. Soekarno (2013)

Film garapan sutradara ternama Hanung Bramantyo ini menceritakan perjalanan hidup Soekarno sebagai sang proklamator bangsa.

Dalam film tersebut, menampilkan Ario Bayu sebagai sosok Bung Karno, beradu peran dengan Lukman Sardi, Maudy Koesnaedi, hingga Sujiwo Tejo.

Baca Juga: Arti Mimpi Melihat Kucing Hitam, Pertanda Kesialan bakal Menghampiri?

5. Tjokroaminoto (2015)

Tjokroaminoto merupakan film bertema perjuangan Kemerdekaan Indonesia yang dirilis pada 2015. Film garapan Garin Nugroho ini melibatkan beberapa aktor terbaik tanah air, seperti Reza Rahardian, Christine Hakim, Didi Petet, hingga Sujiwo Tejo.

Film ini sendiri mengisahkan mengenai guru bangsa yang berhasil menjadi pendidik bagi tokoh-tokoh pemimpin Indonesia.

6. Merah Putih (2009)

Film ini dirilis pada 2009, dan mengisahkan mengenai peristiwa Agresi Militer Belanda 1 pada 1947. Merah Putih diperankan secara apik oleh Lukman Sardi, Donny Alamsyah, Teuku Rifnu, Zumi Zola, dan Darius Sinathrya. Merah Putih merupakan film pertama dari trilogi film bertema perjuangan lainnya, yaitu Darah Garuda (2010), dan Hati Merdeka (2011).

7. Janur Kuning (1979)

Film Janur Kuning menceritakan tentang perjuangan Kemerdekaan Indonesia dalam meraih kembali kemerdekaannya yang direbut pasukan sekutu. Janur Kuning mengisahkan seorang perwira muda, Letkol Soeharto, yang meyakinkan Jenderal Sudirman untuk kembali ke Yogyakarta.

Baca Juga: Posisi Lotus dalam Berhubungan Intim itu Seperti Apa? Ini Penjelasannya

8. Doea Tanda Mata (1985)

Film Doea Tanda Mata menceritakan kisah dua orang perwira berlatar belakang beda yang berjuang bersama. Film ini diproduksi oleh Cinema Delapan dan Benoa, dengan produser Alfani Wiryawan. Dalam penggarapannya, tim produksi melakukan riset mendalam untuk mendapatkan informasi terkait kehidupan dan kegiatan di Akademi Militer (Akmil) Magelang kala itu.

9. Tjoet Nja Dhien (1988)

Film Tjoet Nja Dhien merupakan film biografi yang menceritakan tentang perjuangan Kemerdekaan Indonesia oleh seorang wanita asal Aceh bernama Tjoet Nja Dhien. Film ini berkisah tentang perjuangan Tjoet Nja Dhien saat melawan penjajahan Belanda pada masa perang Aceh.

Tjoet Nja Dhien berhasil memenangkan Piala Citra sebagai Film Terbaik dalam Festival Film Indonesia 1988. Bahkan, beberapa waktu lalu, film ini direstorasi di Belanda, dan ditayangkan kembali di bioskop.

10. November 1928 (1979)

Film November 1828 disutradarai oleh Teguh Karya. Film ini menceritakan tentang penduduk desa di Jawa yang memberontak melawan pemerintahan penjajahan Hindia Belanda.



Baca Juga: Biografi Sayuti Melik, Pengetik Naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya