SOLOPOS.COM - Daerah penerima jaringan 5G di Indonesia (Kominfo.go.id)

Solopos.com, SOLO — Jaringan telepon selular atau smartphone di Indonesia kita mengenal ada 2G, 3G dan 4G. Untuk jaringan 3G sudah dimatikan, dan yang terbaru jaringan 5G. Lantas daerah mana saja yang sudah 5G di Indonesia.

Di Indonesia jaringan selular generasi ke lima atau 5G baru ada pada pertengahan 2021. Sehingga saat itu hanya kota tertentu saja yang bisa mengaksesnya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kemudian dalam perkembangannya penyedia layananan jaringan mulai memperlebar layanan 5G. Hanya saja belum semua operator seluler menyediakan layanan tersebut.

Dikutip Solopos.com dari Kominfo.go.id, Bisnis.com dan XLaxiata.co.id, 5G adalah teknologi seluler yang merupakan evolusi dari teknologi 4G LTE.

Kelebihan dari layanan jaringan 5G diantaranya data rate (kecepatan data) lebih cepat, latency lebih rendah, dan jumlah connection density (kerapatan koneksi) lebih banyak dari 4G.

Baca juga: Jadwal Rilis iPhone 14 di Indonesia, Ini Prediksinya

Dalam implementasinya 5G membutuhkan ekosistem penunjang diantaranya ketersediaan spectrum, infrastruktur, device dan use case.

Hal ini yang kemudian tidak semuanya menikmati layanan jaringan 5G. Sehingga dari daftar daerah yang sudah 5G di Indonesia jumlahnya tidak terlalu banyak.

Jaringan 5G hanya bisa diakses menggunakan smartphone yang mendukung 5G, selain itu hanya ada pada kota tertentu, bahkan hanya ada di perumahan tertentu saja.

Telkomsel

DKI Jakarta
Alam Sutera Banten
Surabaya
Makassar
Bali
Batam
Medan
Solo
Balikpapan
Bandung

Baca juga: Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy Z Fold4 yang Dirilis di Indonesia

Penyediaan layanan jaringan 5G yang membutuhkan ekosistem penunjang, membuat daerah yang sudah 5G di Indonesia hanya tertentu saja. Selain Telkomsel, XL Axiata juga menyediakan layanan 5G.

XL Axiata

DKI Jakarta
Bandung
Jogja
Medan
Makassar
Banjarmasin
Denpasar
Palembang
Pekanbaru

Indosat

Jakarta
Solo
Surabaya
Balikpapan
Makassar

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya