Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Curhat Penjual Bendera di Klaten, Pembeli Sering Ngawur saat Menawar

Penjualan bendera dan umbul-umbul di Klaten menjelang HUT Kemerdekaan RI tahun 2022 dinilai sepi.
SHARE
Curhat Penjual Bendera di Klaten, Pembeli Sering Ngawur saat Menawar
SOLOPOS.COM - Pedagang musiman asal Garut saat menjual bendera dan umbul-umbul di jalan raya Karanganom-Jatinom, tepatnya di Desa Bonyokan, Kecamatan Jatinom, Kabupaten Klaten, Rabu (10/8/2022). (Solopos.com/Wildan Farih Kurniawan)

Solopos.com, KLATEN — Penjualan bendera dan umbul-umbul di Klaten menjelang HUT Kemerdekaan RI tahun 2022 dinilai sepi. Munculnya pandemi Covid-19 dianggap semakin mempersulit penjualan bendera dan umbul-umbul.

Salah seorang pedagang bendera dan umbul-umbul asal Garut di Klaten, Ikin, mengatakan pendapatan yang diperoleh dalam sehari tak menentu. Biasanya, Ikin menjual bendera dan umbul-umbul di Jl. Karanganom-Jatinom, tepatnya di Desa Bonyokan, Kecamatan Jatinom, Klaten.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

“Kadang dapat Rp200.000, kadang juga Rp100.000. Hari ini cuman dapat Rp50.000. Untuk makan langsung habis,” kata Ikin saat ditemui Solopos.com di Desa Bonyokan, Kecamatan Jatinom, Klaten, Rabu (10/8/2022).

Di kesempatan itu, Ikin mengeluhkan para pembeli yang menawar bendera atau umbul-umbul dengan ngawur.

“Di sini orang-orang pada ngawur menawar harga. Misal harga Rp300.000 ditawar jadi Rp100.000. Tapi mau bagaimana lagi, mungkin efek ekonomi sulit,” katanya.

Baca Juga: Sambut HUT RI, Warga Binaan LP Kelas II B Klaten Lomba Makan Kerupuk

Penjual bendera dan umbul-umbul di Klaten lainnya, Dadang, mengatakan sepinya pembeli saat ini tak terlepas dari dampak pandemi Covid-19. Jauh sebelum Covid-19, pendapatan para penjual bisa stabil Rp500.000 per hari.

“Harga bendera dan umbul-umbul beragam, mulai dari Rp25.000-Rp300.000. Itu tergantung ukuran dan bahannya. Biasanya saya berjualan mulai pukul 06.00 WIB-17.00 WIB. Nanti, saya akan pulang kampung [ke Garut] tanggal 12 Agustus 2022,” katanya.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode